Menteri Marty Apresiasi Hubungan RI dan Korut

Rabu, 13 Agustus 2014 - 16:53 WIB
Menteri Marty Apresiasi Hubungan RI dan Korut
Menteri Marty Apresiasi Hubungan RI dan Korut
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri Korea Utara (Korut) Ri Su Yong berkunjung ke Indonesia, Rabu (13/8/2014). Kunjungan Menlu Korut itu disambut Menlu Indonesia, Marty Natalegawa.

Menteri Marty mengapresiasi terjalinnya hubungan Indonesia dan Korut.”Hubungan Bilateral Indonesia dan Korut terjalin begitu erat,” kata Marty di Gedung Pancasial saat menyambut Ri.

Menurutnya, terjalinnya hubungan kedua negara perlu ditingkatkan.”Tugas kita adalah bagaimana kita bisa meningkatkan hubungan yang telah terbina ini,” lanjut dia.

Kunjungan Ri ke Jakarta, sejatinya merupakan kunjungan balasan, di mana Menlu Marty pernah berkunjung ke Pyongyang tahun 2013 lalu.

Dalam sejarahnya, Indonesia dan Korut sebenarnya telah menjalin hubungan diplomatik sejak 1960-an, yakni di era kepemimpinan Soekarno. Di mana Indonesia dan Korut sama-sama sebagai anggota negara Gerakan Non-Blok.

Namun, citra Korut belakangan ini semakin kontroversial. Terutama sejak penyelidik PBB merilis laporan pelanggaran HAM. Meski negara pimpinan Kim Jong-un itu membantah laporan itu. Selain itu, Korut juga jadi sorotan dunia setelah mengembangkan senjata nuklir.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5274 seconds (0.1#10.140)