Obama Beber Alasan Bela Israel saat Buka Puasa Bersama

Rabu, 16 Juli 2014 - 09:54 WIB
Obama Beber Alasan Bela Israel saat Buka Puasa Bersama
Obama Beber Alasan Bela Israel saat Buka Puasa Bersama
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama mengundang warga Muslim AS untuk berbuka puasa bersama di Gedung Putih, kemarin petang. Dalam acara itu, Obama blak-blakan soal pembelaannya terhadap Israel yang menginvasi Gaza, Palestina.

Selain membahas konflik berkepanjangan antara Israel dan Palestina, Obama juga membahas kekacauan yang terjadi di Irak.

”Bahkan ketika kita merayakan semua yang kita miliki bersama, kita tahu bahwa di berbagai penjuru dunia, kita melihat kekerasan dan teror, dan mereka yang memilih menghancurkan daripada membangun,” kata Obama.

Sejenak kemudian Obama membeberkan alasan, mengapa dia membela Israel yang menginvasi Jalur Gaza. ”Sekarang saya akan mengatakan dengan sangat jelas, tidak ada negara yang dapat menerima roket ditembakkan tanpa pandang bulu terhadap warga (Israel)," katanya.

"Jadi, kami sudah sangat jelas bahwa Israel memiliki hak untuk mempertahankan diri tentang apa yang saya anggap serangan tak termaafkan dari Hamas,” ujar Obama mengacu kepada kelompok militan Palestina yang berbasis di Jalur Gaza itu.

Obama mengatakan bahwa tujuan akhir AS adalah perdamaian dan keamanan bagi Israel dan Palestina. ”Kematian dan cedera warga Palestina sipil adalah tragedi, itulah sebabnya kami telah menekankan kebutuhan untuk melindungi warga sipil terlepas dari siapa mereka dan di mana mereka tinggal," katanya, seperti dikutip Al Arabiya, semalam (15/7/2014).

Sedangkan soal krisis Irak, Obama menyerukan rakyat Irak bersatu. ”Kami terus menyerukan agar pemerintahan baru yang bisa menyatukan Irak dan menunjukkan semua masyarakat di Irak bahwa mereka dapat memajukan aspirasi mereka melalui proses politik,” ucap Obama.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6027 seconds (0.1#10.140)