Korupsi, Anak Eks Presiden Filipina Dijebloskan ke Penjara

Senin, 23 Juni 2014 - 13:54 WIB
Korupsi, Anak Eks Presiden Filipina Dijebloskan ke Penjara
Korupsi, Anak Eks Presiden Filipina Dijebloskan ke Penjara
A A A
MANILA - Polisi Filipina hari ini (23/6/2014) menahan putra dari mantan Presiden Joseph Estrada, Jose “Jinggoy” Estrada, 51. Jinggoy yang juga senator Filipina itu ditahan atas skandal korupsi besar-besaran di negara itu.

Jinggoy dilaporkan menyerahkan diri ke polisi, setelah pengadilan anti-korupsi mengisyaratkan akan mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadapnya. Namun, Jinggoy menuduh terlibat korupsi.

”Saya tidak pernah mencuri (dana) dari kas pemerintah,” katanya kepada wartawan. Dia justru menuduh Presiden Benigno Aquino bermain politik dan menindak lawan-lawannya.

”Pada akhir hari, saya akan membuktikan ketidakbersalahan saya,” ucap Jinggoy seperti dikutip AFP. ”Saya akan menghadapi semua tuduhan terhadap saya di pengadilan.”

Media seteempat melaporkan, senator Filipina itu diapit oleh ayahnya Joseph Estrada. Dia kemudian aik sebuah van putih menuju markas polisi, di mana ia menyerahkan diri.

Jinggoy adalah salah satu dari 54 orang yang didakwa atas dugaan penipuan, dan penggelapan jutaa dolar untuk berbagai proyek pembangunan. Khusus Jinggoy, dia dituduh mengantongi 183 juta peso dana proyek babi yang diduga dialihkan ke proyek siluman atau proyek tidak jelas.

Dia didakwa melakukan pelanggaran non-bailable yang mengacu pada tindakan korupsi besar-besaran. Atas dakwaan itu dia terancama hukuman penjara seumur hidup. Tidak hanya itu, Jinggoy juga menghadapai 11 tuduhan korupsi lain.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3083 seconds (0.1#10.140)