Eropa

Sejumlah harapan pemimpin dunia pada Paus Fransiskus

Kamis,  14 Maret 2013  −  17:44 WIB
Sejumlah harapan pemimpin dunia pada Paus Fransiskus
Paus Fransiskus berdoa saat muncul untuk pertama kali di balkon Basilika St Petrus untuk menyapa ratusan ribu peziarah (BBC)

Sindonews.com - Kardinal Argentina, Jorge Mario Bergoglio terpilih menjadi pemimpin tertinggi Katolik Roma ke 266. Ia memilih nama Fransiskus, Rabu (13/3/2013). Terpilihnya, Paus Fransiskus cukup mengejutkan dunia. Sebab, dia adalah Paus asal Amerika Latin pertama sejak 1.200 tahun silam.
 
Beberapa pemimpin negara dan sejumlah tokoh dunia ikut bersuka cita dan mengucapkan selamat atas terpilihnya pemimpin baru Vatikan. Berikut reaksi mereka:
 
Presiden Argentina, Cristina Kirchner
Kami menaruh harapan kepadanya, setelah ia mengambil kendali atas gereja. Misi pastural yang dia emban berubah dan kini dia mengemban sebuah tanggung jawab besar di pundaknya, mencari keadilan, kesetaraan, persaudaraan, dan perdamaian di antara umat manusia.
 
Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama
Atas nama rakyat Amerika, saya dan istri saya, kami semua menginginkan Paus suci Paus Fransiskus, sebagai sosok yang memperjuangkan kaum miskin, kelompok yang paling rentan diantara kita. Dia membawa pesan cinta dan kasih sayang yang telah mengilhami dunia sejak 2.000 tahun silam. Di mana dengan cinta dan kasih sayang itulah kita dapat melihat wajah Tuhan.
 
 Dia adalah Paus pertama dari Amerika, terpilihnya dia lewat proses seleksi mengungkapkan kekuatan dan vitalitas kawasan yang semakin membentuk dunia kita, bersama jutaan orang Amerika Hispanik. Di hari yang bersejarah ini, AS bersukacita. Saya menghargai semua pekerjaan yang telah dilakukan oleh Paus Benediktus XVI dan saya berharap Paus Fransiskus melanjutkan pekerjaannya, memajukan perdamaian, keamanan, dan martabat bagi sesama manusia, apa pun agama mereka.
 
Pemimpin Uni Eropa, Herman Van Rompuy dan Jose Manuel Barroso
Kami mendoakan Paus baru selalu diberkati. Dan, kami mendesak dia untuk membawa seluruh orang di dunia dan semua agama menjadi lebih akrab satu sama lain.
 
Perdana Menteri Inggris, David Cameron
Sebuah hari yang sangat penting bagi 1,2 miliar umat katolik di seluruh dunia, saat tepilihnya Paus Fransiskus sebagai Paus Roma ke-266.
 
Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon
Saya mengucapkan selamat atas terpilihnya Paus baru. Saya berharap dapat terus melanjutkan kerjasama antara PBB dengan Takhta Suci, di bawah kepempimpinan yang bijaksana dan mulia Paus Fransiskus.
 
Selama ini kami telah berbagi banyak tujuan bersama, dari mempromosikan perdamian, keadilan sosial dan hak asasi manusia, pemberantasan kemiskinan dan kelaparan. Semuanya adalah elemen inti untuk melekukan pembangunan yang berkelanjutan. Saya yakin, Paus baru akan terus membangun warisan pendahulunya Paus Benediktus XVI, dalam mempromosikan dialog agama dalam inisiatif Aliansi Peradaban.
 
Presiden Konferesi Afrika Selatan Katolik Bishop, Uskup Agung Stephen Breslin
Penunjukan Paus dari Amerika latin sangat menyentuh kita, terutama dari negara berkembang.
 
Pemimpin Anglikan Dunia, Uskup Agung Canterbury Justin Welby
Kami berharap pada Paus Fransiskus selalu diberkati saat dia mengemban tanggung jawab besar atas nama seluruh umat Katolik Roma dari seluruh dunia. Saya berharap dapat bertemu dengan Paus Fransiskus, berjalan dan berkerjasama membangun warisan konsisten yang telah dibangun oleh para pendahulu kita.
 
Semoga Kristus mempersatukan kita, sehingga mengintensifkan layanan kami secara murni dan berbuah ekumenisme yang dapat menjadi berkat bagi Tubuh Kristus di seluruh dunia. Dia dikenal sebagai sosok penuh kasih yang telah terbukti atas pelayanan bagi kaum miskin di Amerika Latin dan juga kesederhanaan serta kekudusan yang luar biasa.


(esn)

views: 1.480x
shadow