Wapres AS: Dunia Harus Bersatu Lawan Agresi Rusia

Senin, 16 Januari 2017 - 19:19 WIB
Wapres AS: Dunia Harus Bersatu Lawan Agresi Rusia
Wapres AS: Dunia Harus Bersatu Lawan Agresi Rusia
A A A
KIEV - Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyatakan masyarakat internasional harus bersatu untuk melawan agresi Rusia. Hal itu disampaikan Biden saat dia melakukan lawatan kerja terakhir ke Ukraina.
"Kita melawan dua hal, yakni korupsi yang menyerang dari dalam layaknya kanker dan kedua adalah agresi tak henti-hentinya dari Kremlin," ucap Biden dalam pernyataan bersama dengan Presiden Ukraina Petro Poroshenko.
"Masyarakat internasional harus terus berdiri sebagai satu kesatuan melawan pemaksaan dan agresi yang dilakukan oleh Rusia," sambungnya, seperti dilansir Reuters pada Senin (16/1).
Biden menambahkan, ia berharap pemerintah AS berikutnya di bawah pimpinan Donald Trump akan terus melanjutkan dukungan terhadap Ukraina.
Di bawah pimpinan Presiden Barack Obama, AS telah banyak berinvestasi dalam membantu Ukraina, salah satunya dalam pemberontakan pada tahun 2014, yang memaksa pemimpin yang didukung Kremlin untuk melarikan diri dan menaruh tokoh pro-barat sebagai pemimpin negara itu.
Dukungan untuk Ukraina, yang sudah termasuk sanksi ekonomi terhadap Rusia terkait dengan aneksasi Krimea dan konflik separatis, telah memberikan kontribusi terhadap penurunan dalam hubungan AS-Rusia ke level terburuk sejak Perang Dingin.
Biden sendiri adalah orang terdepan untuk kebijakan AS terhadap Ukraina. Ia tercatat mengunjungi Kiev lima kali sejak perubahan dalam kekuasaan dan mempertahankan kontak dengan pejabat Ukraina. Biden kerap bercanda, ia lebih sering berkomunikasi dengan pejabat Ukraina dibanding dengan istrinya sendiri.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3691 seconds (0.1#10.140)