Komisi HAM Filipina Bakal Selidiki Pembunuhan yang Dilakukan Duterte

Kamis, 22 Desember 2016 - 20:40 WIB
Komisi HAM Filipina Bakal Selidiki Pembunuhan yang Dilakukan Duterte
Komisi HAM Filipina Bakal Selidiki Pembunuhan yang Dilakukan Duterte
A A A
MANILA - Pengakuan Presiden Filipina Rodrigo Duterte telah menghabisi penjahat terus menuai reaksi. Terbaru, Komisi Hak Asasi Manusia (HAM) Filipina mengatakan akan menyelidiki klaim tersebut.

Komisi HAM Filipina juga akan memeriksa laporan terkait pasukan pembunuh yang telah membunuh ratusan orang di kota selatan Filipina. Jose Gascon, yang mengepalai Komisi HAM Filipina, mengatakan tim penyelidik akan melihat ke dalam masalah tersebut..

"Lembaga penegak hukum harus menyelidiki sebagai sebuah informasi biasa yang menunjukkan bahwa kejahatan mungkin telah dilakukan dengan tujuan untuk memastikan bahwa pelaku akhirnya bertanggung jawab berdasarkan bukti-bukti yang ada," kata Gascon seperti dikutip dari BBC, Kamis (22/12/2016).

Gascon juga mengatakan penyelidikan akan dilakukan untuk melihat ke dalam bukti-bukti yang baru. "Pengakuan dari publik akan dapat menjelaskan temuan kami sebelumnya," imbuhnya.

Awal bulan ini, Duterte kepada sekelompok pengusaha yang ada di Davao mengatakan telah menghabisi 3 penjahat dengan tangannya sendiri. "Saya melakukan secara pribadi hanya untuk menunjukkan kepada orang-orang (polisi) bahwa jika saya bisa melakukannya, mengapa Anda tidak bisa," katanya.

Baca juga:
Duterte Bunuh Tersangka Narkoba dengan Tangannya Sendiri


Pengakuannya ini sontak menimbulkan kegaduhan. Salah seorang tokoh yang bertentangan dengan Duterte, Senator Leila de Lima, mengatakan pengakuannya bisa menjadi alasan untuk pemakzulan.

Baca juga:
Mengaku Habisi Penjahat, Duterte Bisa Dimakzulkan
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4159 seconds (0.1#10.140)