OKI Serahkan Insiden Serangan Houthi ke Makkah kepada PBB

Jum'at, 18 November 2016 - 17:01 WIB
OKI Serahkan Insiden Serangan Houthi ke Makkah kepada PBB
OKI Serahkan Insiden Serangan Houthi ke Makkah kepada PBB
A A A
MAKKAH - Para menteri luar negeri anggota dari Organisasi Kerjasama Negara-negara Islam atau OKI sepakat untuk menyerahkan kasus serangan Houthi terhadap Makkah ke PBB. Hal tersebut diputuskan dalam pertemuan darurat yang digelar di Makkah.

Lima puluh satu perwakilan dari negara-negara Islam telah memutuskan untuk mengirimkan surat kepada PBB atas nama komite eksekutif OKI untuk mengambil langkah-langkah internasional yang diperlukan untuk mencegah terulangnya serangan tersebut di Makkah dan tempat suci lainnya.

Para peserta juga menyetujui pembentukan kelompok kerja yang dibentuk dari perwakilan negara-negara anggota OKI untuk menerapkan tindakan yang cepat dan efektif guna mencegah terulangnya serangan mengerikan tersebut seperti dikutip dari Asharq al-Awsat, Jumat (18/11/2016).

Dalam sambutannya selama pertemuan, Menteri Negara Urusan Luar Negeri Arab Saudi Nizar Madani mengutuk serangan rudal yang terjadi pada bulan lalu itu. "Semua Muslim harus mengambil sikap yang jelas dan tegas terhadap serangan ini untuk mencegah Houthi mengulangi upaya ini," katanya.

Madani juga menyerukan diakhirinya tindakan agresif terhadap orang-orang Yaman oleh pemberontak Houthi dan milisi yang setia kepada Presiden terguling Ali Abdullah Saleh.

Dalam pertemuan ini, Iran tidak mengirimkan utusannya. Iran tidak memberikan alasan mengapa mereka menolak untuk menghadiri pertemuan yang digelar pada hari ini tersebut.

Baca juga:
Iran Tolak Hadiri Pertemuan Darurat OKI
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3303 seconds (0.1#10.140)