TV China Tayangkan Uang Tunai Rp405 M yang Disembunyikan Koruptor

Sabtu, 22 Oktober 2016 - 01:46 WIB
TV China Tayangkan Uang Tunai Rp405 M yang Disembunyikan Koruptor
TV China Tayangkan Uang Tunai Rp405 M yang Disembunyikan Koruptor
A A A
BEIJING - Stasiun televisi (TV) Pemerintah China menyiarkan gambar uang tunai dari berbagai mata uang senilai 120 juta yuan atau sekitar Rp405 miliar milik seorang koruptor. Uang tunai sebanyak itu disembunyikan di sebuah apartemen kosong di Beijing.

Uang itu ditemukan di sebuah apartemen milik Wei Pengyuan, mantan wakil direktur di departemen batubara di Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional Badan Perencanaan Ekonomi China.

Pengyuan dijatuhi hukuman mati pada hari Senin atas tuduhan menerima suap dari lebih dari 200 perusahaan. Uang tunai milik koruptor itu merupakan temuan terbesar jaksa China sejak Republik Rakyat China berdiri tahun 1949.

Penyelidik menemukan kardus berisi uang tunai dua tahun yang lalu. Uang tunai dalam jumlah besar lainnya ditemukan di koper di apartemen tersebut.

Semua uang tunai itu terdiri dari mata uang yuan, dollar Amerika Serikat, euro, poundsterling Inggris dan dollar Hong Kong. Total nilainya 210 juta yuan.

Butuh 14 jam bagi staf bank untuk menggunakan lima mesin uang guna menghitung uang temuan tersebut.

Menurut laporan South China Morning Post (SCMP), yang dikutip Sabtu (22/10/2016), salah satu mesin rusak karena beban kerja yang berlebihan. Berat total uang tunai milik koruptor itu diprediksi mencapai sekitar 2,3 ton.

Wei menyalahgunakan kekuasaan untuk menerima suap dalam jumlah besar besar selama menjalankan proyek batubara. Dia juga terungkap membantu orang lain menjual peralatan secara ilegal antara tahun 2000 dan 2014.

Pejabat itu selama ini dipandang oleh rekan-rekan menjalani gaya hidup sederhana. Bahkan pejabat tersebut pergi ke kantor dengan sepeda lipat setiap harinya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2928 seconds (0.1#10.140)