Bahas Boikot Produk Israel, Para Menteri OKI Bakal Bertemu

Jum'at, 14 Oktober 2016 - 17:20 WIB
Bahas Boikot Produk Israel, Para Menteri OKI Bakal Bertemu
Bahas Boikot Produk Israel, Para Menteri OKI Bakal Bertemu
A A A
JAKARTA - Konferensi Tingkat Menteri Organisasi Kerjasama Islam (OKI) akan menggelar pertemuan di Uzbekistan pada 18-19 Oktober 2016. Salah satu agenda pertemuan adalah membahas kelanjutan renacan memboikot produk Israel yang diserukan Indonesia.

Direktur Sosial Budaya dan Organisasi Internasional Negara Berkembang Direktorat Jenderal Multilateral Kementerian Luar Negeri Indonesia, Arko Harnanto, mengakui negara-negara OKI belum menjalankan seruan Indonesia untuk memboikot produk-produk Israel.

"Sejauh ini (Israel) tidak protes, karena belum ada negara yang melakukan (biokot), mungkin saat sudah dilakukan akan ada protes," kata Arko dalam briefing mingguan Kementerian Luar Negeri Indonesia, Jumat (14/10/2016). "Implementasinya di negara OKI belum ada," katanya lagi.

Selain pemboikotan produk Israel, konferensi itu juga akan membahas masalah pendidikan. Arko mengatakan isu pendidikan diangkat karena Uzbekistan ingin mengingatkan kembali kejayaan pendidikan Islam.

"Akan mengambil tema pendidikan. Tema ini jarang diambil oleh OKI, namun Uzbekistan sebagai tuan rumah yang ambil tema itu. Untuk mengingatkan kembali kebesaran Islam pada ilmu pengetahuan," ujar Arko.

Arko menambahkan, Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi yang akan memimpin delegasi Indonesia dalam pertemuan itu. "Para Menteri yang hadir akan menyampaikan pernyataan," katanya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6978 seconds (0.1#10.140)