Pertama Dalam 9 Tahun, Israel Buka Persimpangan Utama dengan Gaza

Kamis, 14 Juli 2016 - 14:44 WIB
Pertama Dalam 9 Tahun, Israel Buka Persimpangan Utama dengan Gaza
Pertama Dalam 9 Tahun, Israel Buka Persimpangan Utama dengan Gaza
A A A
GAZA - Pemerintah Israel dikabarkan telah membuka persimpangan Erez, yang merupakan persimpangan utama yang menghubungan Israel dengan Gaza, kemarin. Ini adalah kali pertama dalam kurun waktu sembilan tahun terakhir Israel membuka kembali persimpangan tersebut.

"Israel membuka titik persimpangan utama antara Israel dan Gaza pada hari Rabu untuk memungkinkan pergerakan kendaraan yang membawa barang untuk pertama kalinya dalam sembilan tahun," kata seorang pejabat Israel yang berbicara dalam kondisi anonim, seperti dilansir Al Arabiya pada Kamis (14/7/2016).

Persimpangan ini disebut akhirnya dibuka, setelah banyaknya keluhan dari warga di sejumlah kota di Israel tentang banyaknya truk yang membawa barang ke Gaza melewati wilayah mereka. Pergerakan truk ini menyebabkan kemacetan parah di sejumlah kota di Israel.

Pada bulan Mei, menteri pertahanan Israel Moshe Yaalon mengatakan Erez akan dibuka untuk memungkinkan aliran yang lebih baik barang ke Gaza dan mengurangi kemacetan di Kerem Shalom.

Seorang juru bicara untuk COGAT, badan do Kementerian Pertahanan yang bertanggung jawab untuk melaksanakan kebijakan pemerintah di wilayah Palestina, menegaskan kendaraan telah memasuki Gaza melalui persimpangan Erez.

"Langkah ini telah diambil untuk memfasilitasi pekerjaan importir Palestina dan dengan demikian membantu perekonomian Jalur Gaza," kata juru bicara.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3684 seconds (0.1#10.140)