Kapal China Ditangkap, Kemlu Kirim Notifikasi ke Pihak Beijing

Senin, 30 Mei 2016 - 15:22 WIB
Kapal China Ditangkap, Kemlu Kirim Notifikasi ke Pihak Beijing
Kapal China Ditangkap, Kemlu Kirim Notifikasi ke Pihak Beijing
A A A
JAKARTA - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia siap mengirim notifikasi atau pemberitahuan ke pihak Beijing terkait penangkapan kapal dan delapan awak asal China di Natuna, Riau.

Juru bicara Kemlu, Arrmanatha Nasir, mengatakan pemberitahuan akan disampaikan melalui Kedutaan Besar China di Jakarta. Tujuannya, agar Kedubes China bisa memberikan bantuan kekonsuleran kepada anak buah kapal (ABK) China yang ditangkap di perairan Natuna.

"Tugas dari Kemlu adalah untuk menyampaikan hak konsulernya, dalam hal ini harusnya kita sudah mengirim pemberitahuan untuk kekonsuleran pada Kedubes yang ada di sini bahwa ada penangkapan delapan ABK dan kapal China yang diduga ditangkap oleh pihak otoritas keamanan kita di ZEE karena dicurigai sedang melakukan sesuatu yang ilegal di wilayah kita," kata Arrmanatha, Senin (30/5/2016).

"Jadi itu saat ini yang bisa saya sampaikan. Itu kan suatu proses, yang merupakan tugas dari otoritas keamanan kita apabila ada kapal yang dicurigai melakukan tindakan ilegal,” ujar dia.


Baca juga:
Dramatis, TNI AL Tangkap Kapal China Disertai Penembakan

Sebelumnya diberitakan, bahwa KRI Oswald Siahaan-354 menangkap kapal Gui Bei Yu bernomor 27088 milik China yang memasuki Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) di Laut Natuna, Kepulauan Riau, pada akhir pekan lalu.

Penangkapan kapal yang diduga melakukan kegiatan illegal fishing itu berlangsung dramatis, karena diwarnai dengan aksi kejar-kejaran dan beberapa kali tembakan peringatan oleh KRI Oswald Siahaan. Bahkan, sebuah kapal cost guard China yang diduga akan menyelamatkan kapal tersebut ikut menyaksikan proses penangkapan tersebut.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4523 seconds (0.1#10.140)