Masalah Palestina Adalah Masalah Kemanusiaan

Rabu, 25 Mei 2016 - 17:47 WIB
Masalah Palestina Adalah Masalah Kemanusiaan
Masalah Palestina Adalah Masalah Kemanusiaan
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia, A.M Fachir mengatakan, bahwa masalah Palestina sejak dahulu adalah masalah kemanusiaan. Ini dikarenakan masalah Palestina berhubungan dengan keadilan dan kemerdekaan, yang masuk dalam masalah kemanusiaan.

Ditemui paska membuka Konferensi Media Islam di Jakarta, Fachir mengatakan, karena masalah Palestina adalah masalah kemanusiaan, maka dalam setiap pertemuan yang digelar oleh Organisasi Kerjasama Islam (OKI), satu hal yang selalu harus dikedepankan adalah masalah keadilan.

"Ini masalah kemerdekaan, masalah kemerdekaan adalah masalah kemanusiaan, masalah keadilan adalah masalah kemanusiaan. Karena itu, saya melihat hampir semua pertemuan-pertemuan yang dilakukan dalam konteks OKI, yang dikedepankan adalah masalah persatuan, yang dikedepankan adalah masalah keadilan," ucap Fachir pada Rabu (25/5).

"Persatuan adalah antar kita. Keadilan adalah agar dunia memandang adil terhadap apa yang terjadi, terutama di Palestina, yang sampai sekarang belum merdeka. Sebagai satu-satunya negara yang ikut Konferensi Asia Afrika 60 tahun lalu dan belum merdeka. Ini adalah tanggungjawab kita semua. Itu yang saya sebut keadilan," sambungnya.

Proses perdamaian antara Israel dan Palestina sendiri saat ini tengah memasuki fase baru. Dimana, semakin banyak pihak yang ingin terlibat dalam mendamaikan kedua belah pihak, dan mencipatakan negara Palestina yang berdaulat.

Prancis saat ini menjadi negara terdepan dalam hal tersebut. Prancis tengah berusaha menggelar konferensi perdamaian Israel dan Palestina, yang akan melibatkan semua pemain utama dalam percaturan politik internasional.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3737 seconds (0.1#10.140)