China: Konflik LCS Tak Rusak Hubungan dengan Negara ASEAN

Minggu, 24 April 2016 - 14:50 WIB
China: Konflik LCS Tak Rusak Hubungan dengan Negara ASEAN
China: Konflik LCS Tak Rusak Hubungan dengan Negara ASEAN
A A A
VIENTIN - Menteri Luar Negeri Chian Wang Yi, menuturkan ketegangan yang terjadi di kawasan Laut China Selatan tidak akan merusak hubungan diplomatik dengan negara-negara ASEAN yang turut mengklaim wilayah tersebut. Filipina, Vietnam, Malaysia dan Brunei Darussalam adalah 4 negara ASEAN yang turut mengkalim memiliki hak atas Laut China Selatan.

"China telah mencapai konsesus penting dengan Brunei, Kamboja dan Laos," ucap Yi dalam sebuah pernyataan saat dirinya melakukan kunjungan ke ibukota Laos, Vientin, seperti dilansir Reuters pada Minggu (24/4).

"Masalah Laut China Selatan bukanlah sengeketa antara China-ASEAN dan seharusnya hal ini tidak mempengaruhi hubungan antara China dan ASEAN," sambungnya.

Klaim China atas kawasan tersebut merupakan salah satu isu yang paling dibahas ASEAN. Dimana, anggota ASEAN berusaha untuk menyeimbangkan antara dukungan antar sesama negara ASEAN, dan memperkuat kerjasama dengan China.

ASEAN, yang juga beranggotakan Singapura, Indonesia, Thailand dan Myanmar, menyatakan pada bulan Februari keprihatinan yang serius tentang terus meningkatnya ketegangan internasional di perairan yang disengketakan.

Kala itu ASEAN menuturkan reklamasi dan meningkatnya aktivitas China di kawasan tersebut telah meningkatkan ketegangan dan dapat merusak perdamaian, keamanan dan stabilitas di kawasan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4091 seconds (0.1#10.140)