AI Tuding Nigeria Lakukan Pembunuhan Massal Pengikut Syiah

Jum'at, 22 April 2016 - 19:54 WIB
AI Tuding Nigeria Lakukan Pembunuhan Massal Pengikut Syiah
AI Tuding Nigeria Lakukan Pembunuhan Massal Pengikut Syiah
A A A
LAGOS - Organisasi HAM internasional, Amnesty Internasional (AI) mengatakan, pasukan Nigeria telah membunuh ratusan pria, wanita, dan anak-anak dari minoritas Syiah pada Desember lalu.

Pernyataan AI ini berkaitan dengan peristiwa di kota utara Zaria, dimana tentara mengatakan kelompok Syiah, Gerakan Islam di Nigeria, mencoba membunuh salah satu petinggi militernya, Letnan Jenderal Tukur Buratai. Saat itu, kelompok minoritas itu melakukan pemblokiran jalan.

Menurut AI, lebih dari 350 orang diyakini telah dibunuh secara tidak sah oleh militer antara tanggal 12 dan 14 Desember. Laporan itu juga berisi gambar satelit yang menujukkan lokasi kuburan massal, dikutip dari Reuters, Jumat (22/4/2016).

AI mengatakan telah melakukan penyelidikan pada Februari 2016 dengan mewawancarai 92 orang, termasuk mereka yang diduga menjadi korban dan keluarganya, saksi mata, pengacara, serta staf medis.

Menanggapi hal ini, pihak militer Nigeria membantahnya dan menyatakan laporan AI tidak mempunyai kredibilitas. "Ini adalah laporan yang terburu-buru, hanya dari satu sisi dan bias yang ditujukan untuk tujuan yang telah ditentukan," kata jubir militer Nigeria, Sani Usman.

"Mereka harus melakukan penyelidikan dan semua instansi terkait lainnya untuk melengkapi dan menyerahkan laporan mereka sebelum melompat pada kesimpulan," tambahnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3201 seconds (0.1#10.140)