Kerahkan Sistem Pertahanan Rudal, AS Lacak Roket Korut

Jum'at, 05 Februari 2016 - 22:14 WIB
Kerahkan Sistem Pertahanan Rudal, AS Lacak Roket Korut
Kerahkan Sistem Pertahanan Rudal, AS Lacak Roket Korut
A A A
SEOUL - Amerika Serikat (AS) telah mengerahkan sistem pertahanan rudal di Jepang dan Korea Selatan (Korsel) untuk melacak roket balistik Korea Utara (Korut). Korut disebut-sebut akan meluncurkan rudal balistik dalam beberapa waktu ke depan selama 18 hari, yang dimulai pada hari Senin mendatang.

Menurut koran Asahi Shimbun, mengutip pernyataan para pejabat Pentagon, Korut sudah memulai pengisian bahan bakar roket. Fakta ini didasari pada pada gambar citra satelit yang menunjukkan aktivitas di sekitar wilayah peluncuran rudal dan penyimpanan bahan bakar.

Informasi ini menunjukkan bahwa persiapan untuk peluncuran dapat selesai dalam beberapa, hari seperti dikutip dari Reuters, Jumat (5/2/2016). "Kami akan bersikap seperti yang selalu kami lakukan, memperhatikan dengan hati-hati jika ada peluncuran, melacak, dan memposisikan rudal kami sebagai aset pertahanan dalam posisi siaga," kata Menteri Pertahanan AS, Ashton Carter.

"Kami telah merencanakan banyak hal tentang peluncuran tersebut. Kami dan sekutu kami, Jepang dan Korsel, siap untuk menghadapi hal itu," imbuhnya.

Pihak Korsel sendiri menyatakan, bahwa sistem pertahanan rudal Aegis yang terdiri dari radar anti balistik Green Pine dan sistem peringatan dini serta kontrol pesawat Peace Eye telah siap.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5018 seconds (0.1#10.140)