Baru Dibangun, Patung Emas Raksasa Mao Zedong Dirobohkan

Sabtu, 09 Januari 2016 - 16:17 WIB
Baru Dibangun, Patung Emas Raksasa Mao Zedong Dirobohkan
Baru Dibangun, Patung Emas Raksasa Mao Zedong Dirobohkan
A A A
TONGXU - Sebuah patung emas raksasa pendiri Republik Rakyat China, Mao Zedong, dirobohkan meski babru beberapa hari rampung dibangun. Patung raksasa “Bapak Komunis China” setinggi 37 meter itu semula berdiri megah di lahan kosong di Zhushigang, sebuah desa di Tongxu county, China.


Foto perobohan patung itu telah beredar secara online. Beberapa foto menunjukkan patung bagian kepala patah. Sedangkan bagian tubuh terputus dari kakinya.

Belum ada konfirmasi resmi dari pemerintah terkait soal perobohan patung raksasa Mao Zedong. Menurut portal berita yang terkait dengan media corong Partai Komunis China (CPC), People Daily, alasan perobohan patung itu karena pembangunannya “tidak terdaftar atau tidak disetujui pemerintah daerah Tongxu”.

Patung Mao Zedong dibangun setelah hampir 40 tahun kematiannya pada tahun 1976. Mao merupakan ketua pertama Partai Komunis China yang memerintah negara itu selama hampir tiga dekade. Patung raksasa Mao dengan pose duduk.

Biaya pembangunan patung itu sebesar 3 juta yuan atau sekitar Rp6,3 miliar yang berasal dari para pengusaha dan warga beberapa desa di Tongxu, Provinsi Henan.

Laman IB Times, pada Sabtu (9/1/2016) melaporkan bahwa lokasi patung raksasa Mao Zedong telah memicu kemarahan karena mengingatkan orang-orang dari kelaparan besar di wilayah tersebut pada akhir tahun 1950-an.


Banyak pihak menyalahkan kebijakan ekonomi Mao yang diklaim membuat lebih dari 40 juta jiwa menderita kelaparan. Namun, tidak sedikit warga China tetap memuji sosok Mao Zedong sebagai “Bapak Komunis China”.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4510 seconds (0.1#10.140)