Gagal di Suriah, Obama Salahkan Assad dan Rusia

Selasa, 13 Oktober 2015 - 13:11 WIB
Gagal di Suriah, Obama Salahkan Assad dan Rusia
Gagal di Suriah, Obama Salahkan Assad dan Rusia
A A A
WASHINGTON - Kegagalan operasi Amerika Serikat (AS) untuk melawan ISIS di Suriah, menurut Presiden AS Barack Obama, adalah karena Bashar al-Assad. Menurutnya, pemberontak yang mereka latih akan cenderung berusaha melawan Assad, daripada mengalahkan ISIS.

"Selama Assad masih berkuasa di Suriah, membuat orang-orang ini (pemberontak Suriah) untuk fokus melawan ISIS menjadi sesuatu hal yang sangat sulit," kata Obama dalam wawancara dengan media setempat.

Selain itu, dirinya turut menyalahkan Rusia dan kebijakan yang diambil Rusia di Suriah karena dinilai hanya untuk mendukung dan memperkuat Assad. "Kampanye udara Rusia sebagai tidak lebih dari upaya putus asa untuk menyelamatkan Assad," ucapnya, seperti dilansir Russia Today pada Selasa (13/10).

Seperti diketahui, Obama memang merupakan salah satu orang yang paling keras menentang serangan udara tersebut, karena turut menyasar kelompok pemberontak Suriah yang didukung oleh AS. Atas dasar inilah Obama menyebut serangan Rusia di Suriah hanya untuk memperkuat Assad, dan bukan mengalahkan ISIS.

Di kesempatan yang sama, Obama juga menuturkan, bahwa keberhasilan melawan ISIS, baik di Suriah ataupun Irak tergantung pada polulasi Sunni di kedua wilayah tersebut. Jika warga Sunni mau bergabung dan berjuang bersama, dirinya yakni ISIS bisa dikalahkan.

"Kemenangan atas ISIS akan tergantung pada populasi Sunni di Suriah dan Irak dan kemamuan mereka untuk bekerja sama dengan koalisi yang didukung AS," Obama menambahkan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5157 seconds (0.1#10.140)