Taliban Berusaha Rebut Kota Ghazni

Senin, 12 Oktober 2015 - 21:56 WIB
Taliban Berusaha Rebut Kota Ghazni
Taliban Berusaha Rebut Kota Ghazni
A A A
KABUL - Taliban terus berupaya merongrong kekuasan Pemerintah Afghanistan. Setelah merebut kendali setengah kota Kunduz pada bulan lalu, kini mereka melancarkan serangan ke kota Ghazni yang terletak 130 km sebelah barat daya ibu kota Kabul.

Seperti dilaporkan Reuters, pertempuran sporadis terjadi di sekitar Ghazni, Senin (12/10). Warga kota itu banyak yang berupaya melarikan diri ke Kabul atau kota terdekat untuk menyelamatkan diri dari pertempuran. Toko-toko, sekolah, dan universitas di Ghazni diperintahkan untuk tutup.

Meski mendapat serangan dari Taliban, namun otoritas Ghazni mengaku masih bisa mengendalikan keadaan. "Ratusan anggota Taliban menyerang dari dua arah dan pertempuran masih terjadi di radius 7 km dari ibu kota provinsi,” kata Wakil Gubernur Ghazni, Mohammad Ali Ahmadi.

"Taliban berencana untuk menyerang dan merebut ibukota provinsi, tapi kami telah waspada dan memukul mundur mereka," lanjutnya. Belum diketahui apakah timbul korban jiwa dalam pertempuran di sekitar kota Ghazni ini.

Hingga kini, Taliban memang masih terus berusaha menggulingkan pemerintahan Afghanistan yang didukung barat. Keinginan Taliban untuk berkuasa kembali di Afghanistan kian kuat, setelah pasukan asing ditarik mundur dari negara itu. Kini, tanggung jawab keamanan berada di tangan Angkatan Bersenjata Afghanistan, yang kerap kesulitan menghadapi gempuran Taliban di sejumlah wilayah.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6011 seconds (0.1#10.140)