Ini Dia Sosok Bos Baru Taliban

Sabtu, 01 Agustus 2015 - 20:50 WIB
Ini Dia Sosok Bos Baru Taliban
Ini Dia Sosok Bos Baru Taliban
A A A
KABUL - Taliban dilaporkan telah mendapatkan pemimpin baru, menggantikan Mullah Omar, yang diketahui telah meninggal dunia dua tahun lalu akibat TBC. Guna memilih mendapatkan pemimpin baru Taliban disebut menggelar sebuah pemilihan umum.

Sosok yang akhirnya dipilih oleh anggota Taliban untuk menggantikan Omar adalah Mullah Akhtar Mansoor. Nama Mansoor bukanlah nama baru di tubuh Taliban, dia adalah wakil dan orang kepercayaan dari Omar.

Melansir Al Jazeera pada Sabtu (1/8/2015) ada satu kesamaan antara Mansoor dan Omar, yakni keduanya sangat jarang muncul ke hadapan publik. Sejak Taliban berdiri pada awal tahun 1990, dokumentasi mengenai keduanya sangat jarang sekali ada.

Bahkan, Mansoor tidak menujukan dirinya saat dia memberikan pidato pertama sebagai pemimpin dirinya. Hanya sebuah rekaman suara yang muncul mewakili dirinya dalam pidato pertamanya.

Sementara itu, dalam pidatonya Mansoor menyerukan kepada seluruh anggota Taliban untuk kembali bersatu. Dirinya juga menegaskan akan melanjutkan perlawanan, baik terhadap pemerintah Afghanistan ataupun Pakistan.

Belum diketahui apakah di bawah kepimpinanan Mansour Taliban akan melanjutkan pembicaraan damai dengan pemerintah Afghanistan, yang baru saja dimulai pada bulan lalu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4805 seconds (0.1#10.140)