Rusia Siap Bangun Kapal Selam Nuklir Pembunuh

Senin, 06 Juli 2015 - 13:26 WIB
Rusia Siap Bangun Kapal Selam Nuklir Pembunuh
Rusia Siap Bangun Kapal Selam Nuklir Pembunuh
A A A
MOSKOW - Rusia siap membangun dua kapal selam bertenaga nulklir terbaru. Dua kapal yang akan dibangun itu nantinya diklasifikasikan sebagai “kapal pencegat bawah laut” dan “kapal induk pembunuh”.

Dua kapal selam nuklir yang hendak dibangun Rusia itu bagian dari proyek pembangunan kapal militer dengan nilai proyek 20 triliun rubel (US$ 356 miliar). Proyek pembangunan kapal selam terbaru ini juga bagian dari kampanye pengembangan senjata Rusia oleh Presiden Vladimir Putin hingga 2020.

Rencana itu disampaikan Anatoly Shlemov, pemimpin United Shipbuilding Corporation perusahaan milik negara di bawah Departemen Pertahanan Rusia.

Setelah bertahun-tahun terpuruk setelah runtuhnya Uni Soviet, Kementerian Pertahanan Rusia telah mengalirkan uangnya untuk membangun generasi baru kapal selam bertenaga nuklir baru.

Menurut Shlemov, biro desain Malakhit akan bertanggung jawab untuk pekerjaan awal kapal selam baru itu. ”Tujuan utama dari (kepal pencegat bawah laut) adalah untuk melindungi kelompok rudal (balistik) yang dibawa kapal selam, dan bertempur dengan kapal selam musuh,” ujar Shlemov.

”Sedangkan kapal kedua akan menjadi pembawa rudal jelajah yang digunakan untuk mengalahkan target di pesisir dan di permukaan,” lanjut Shlemov, seperti dilansir Moscow Times, semalam (5/7/2015).

Dua desainkapal selam terbaru Rusia itu akan menggantikan kapal selam era Soviet yang masih melayani Angkatan Laut Rusia. Yakni, kapal selam Oscar II dan kapal selam Sierra.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3156 seconds (0.1#10.140)