Rusia Akan Rahasiakan Jumlah Prajurit yang Gugur

Kamis, 28 Mei 2015 - 22:39 WIB
Rusia Akan Rahasiakan Jumlah Prajurit yang Gugur
Rusia Akan Rahasiakan Jumlah Prajurit yang Gugur
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, jumlah pasukan Rusia yang tewas dalam berbagai operasi khusus di seluruh dunia harusnya tidak harus diketahui publik. Dirinya menyebut, hal itu merupakan informasi yang masuk kategori rahasia.

"Presiden Vladimir Putin mengemukakan semua informasi mengenai gugurnya tentara Rusia selama operasi khusus harus diklasifikasikan sebagai rahasia negara," kata juru bicara Putin, Dmitry Peskov dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Kamis (28/5/2015).

Sebelumnya, Rusia hanya memasukan jumlah pasukan yang tewas dalam perang saja yang masuk ke
dalam kategori rahasia negara. Keputusan, yang bisa terbilang mendadak yang diambil Putin ini mengundang banyak pertanyaan.

Namun, ketika ditanya alasan mengapa Putin mengubah kebijakan tersebut, dimana pasukan yang tewas dalam operasi khusus juga masuk kedalam kategotri rahasia negara, Peskov enggan memberikan penjelasan apapun.

Pernyataan itu sendiri datang beberapa pekan setelah munculnya laporan yang dibuat oleh oposisi Rusia. Dalam laporan tersebut dijelaskan, setidaknya 200 pasukan Rusia telah tewas dalam operasi khusus yang dijalankan di Ukraina timur.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4939 seconds (0.1#10.140)