50 Juta Lapangan Kerja Hilang di Dunia Arab Akibat Pandemi

Selasa, 14 Juli 2020 - 04:01 WIB
loading...
50 Juta Lapangan Kerja Hilang di Dunia Arab Akibat Pandemi
Demonstran berunjuk rasa di depan gedung pemerintahan di Tunis, Tunisia. Foto/Anadolu
A A A
RIYADH - Pandemi Covid-19 mengakibatkan hilangnya lebih dari 50 juta lapangan kerja, terutama di sektor pariwisata di negara-negara Arab.

Laporan dari Dana Moneter Arab (AMF) menyatakan, “Negara yang paling terdampak virus corona adalah Arab Saudi, diikuti Uni Emirat Arab (UEA), Mesir, Tunisia, Moroko dan Palestina.”

“Industri pariwisata adalah salah satu sektor ekonomi paling aktif yang terkena damapk wabah Covid-19 karena berasnya pembatasan perjalanan,” papar laporan AMF.

Hilangnya sangat banyak lapangan kerja itu setara antara 12 dan 14% seluruh lapangan kerja di dunia Arab.

AMF menyoroti pendapatan dari pariwisata di negara-negara Arab mencapai USD313,6 miliar pada 2019, dibandingkan sebesar USD281,5 miliar pada 2018.

Jumlah itu sekitar 11,4% dari produk domestik bruto (PDB) mereka dan diperkirakan memiliki dampak lebih besar saat industri menyusut akibat pandemi. (Lihat Infografis: Indonesia 3 Besar Dunia Pemilik Kapal Perang Korvet Melampaui AS)

Pandemi ini menjadi isu global, tidak hanya di dunia Arab yang membutuhkan waktu tiga hingga enam tahun untuk kembali pulih dan berada di level sebelum pandemi. (Lihat Video: Penjaga Masjid Lakukan Aksi Heroik Selamatkan Kotak Amal)
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1645 seconds (0.1#10.140)