Pasukan Ukraina Resmi Mulai Latihan Rudal Patriot di Pangkalan Militer AS

Rabu, 18 Januari 2023 - 13:02 WIB
loading...
Pasukan Ukraina Resmi Mulai Latihan Rudal Patriot di Pangkalan Militer AS
Sejumlah tentara berdiri di depan sistem rudal Patriot. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) mulai melatih pasukan Ukraina di pangkalan militer Fort Sill tentang penggunaan dan pemeliharaan sistem rudal Patriot.

Kabar tersebut diungkapkan Sekretaris Pers Pentagon Pat Ryder pada Selasa.

"Pelatihan telah dimulai," ujar Ryder saat jumpa pers, ketika ditanya tentang pelatihan tersebut.

Dia menambahkan, "Pasukan itu telah tiba di Fort Sill dan telah memulai pelatihan mereka."



Pemerintahan Presiden AS Joe Biden menyediakan satu sistem rudal permukaan-ke-udara Patriot ke Ukraina, untuk dikirimkan setelah pelatihan selesai.

“Sekitar 90-100 tentara Ukraina akan dilatih selama beberapa bulan ke depan tentang cara mengoperasikan dan memelihara sistem rudal itu,” papar Ryder.

Jerman juga telah menjanjikan sistem rudal Patriot ke Ukraina, dan Belanda telah menyatakan niatnya menyediakannya juga.



Pendukung Kiev di Barat telah memfokuskan bantuan keamanan mereka pada pertahanan udara dalam beberapa bulan terakhir di tengah serangan rudal Rusia pada sasaran utama Ukraina.

“Keputusan Pentagon melatih pasukan Ukraina pada sistem rudal di Fort Sill menunjukkan partisipasi de facto AS dalam konflik atas nama Kiev,” ungkap Duta Besar Rusia Anatoly Antonov mengatakan awal bulan ini.

Pernyataan Ryder datang setelah laporan pasukan Amerika juga telah melakukan pelatihan militer untuk tentara Ukraina di Jerman, yang dikatakan mencakup instruksi lapangan dan ruang kelas.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1244 seconds (0.1#10.140)