Kanada Akan Beli Sistem Rudal Buatan AS untuk Ukraina

Rabu, 11 Januari 2023 - 09:25 WIB
loading...
Kanada Akan Beli Sistem Rudal Buatan AS untuk Ukraina
Kanada Akan Beli Sistem Rudal Buatan AS untuk Ukraina.
A A A
OTTAWA - Kanada akan membeli Sistem Rudal Permukaan-ke-Udara Tingkat Lanjut Nasional (NASAMS) buatan Amerika Serikat (AS) untuk Ukraina, kata pernyataan dari kantor Perdana Menteri Justin Trudeau setelah pertemuan dengan Presiden AS Joe Biden di Mexico City, Selasa (10/1/2023).

Trudeau dan Biden dijamu oleh Meksiko untuk pertemuan para pemimpin Amerika Utara. Pada kesempatan itu Trudeau memberi tahu Biden tentang pembelian tersebut selama diskusi terpisah yang keduanya lakukan untuk mendukung Ukraina dalam perangnya dengan Rusia.



"Ini adalah sumbangan sistem pertahanan udara Kanada pertama ke Ukraina," kata Menteri Pertahanan Anita Anand di Twitter setelah pengumuman tersebut, seperti dikutip dari Reuters.

Sistem pertahanan udara adalah prioritas utama Ukraina, katanya rekannya dari Ukraina, Oleksii Reznikov, memberitahunya dalam percakapan telepon yang diadakan sebelumnya pada hari Selasa.

“NASAMS adalah sistem pertahanan udara berbasis darat jarak pendek hingga menengah yang melindungi dari serangan drone, rudal, dan pesawat,” kata Anand.



Sumbangan tersebut bernilai sekitar USD302,6 juta, dan merupakan tambahan dari yang dijanjikan Kanada kepada Ukraina pada November, menurut pernyataan kementerian pertahanan.

“Trudeau dan Biden juga membahas komitmen bersama mereka untuk pertahanan Amerika Utara, termasuk akuisisi jet tempur F-35 Kanada untuk Angkatan Udara Kerajaan Kanada," menurut pernyataan dari kantor perdana menteri.

Kanada menyelesaikan kesepakatan untuk membeli 88 jet tempur F-35 dari perusahaan pertahanan AS Lockheed Martin Corp pada hari Senin dalam proyek raksasa untuk menggantikan armada pesawat tempurnya yang sudah tua.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0983 seconds (0.1#10.140)