Bos Grup Wagner Incar Kota Bakhmut Ukraina

Minggu, 08 Januari 2023 - 08:30 WIB
loading...
Bos Grup Wagner Incar Kota Bakhmut Ukraina
Pendiri kelompok tentara bayaran paling terkenal di Rusia, Grup Wagner, mengatakan dia ingin pasukannya dan tentara reguler Rusia merebut kota kecil Bakhmut di Ukraina timur.. Foto/AP
A A A
MOSKOW - Pendiri kelompok tentara bayaran paling terkenal di Rusia , Grup Wagner , mengatakan dia ingin pasukannya dan tentara reguler Rusia merebut kota kecil Bakhmut di Ukraina timur. Alasanya adalah karena memiliki "kota bawah tanah" yang dapat menampung pasukan dan tank.

Yevgeny Prigozhin menjelaskan secara mendetail mengapa menurutnya menguasai Bakhmut akan signifikan.

“Ceri pada kue adalah sistem tambang Soledar dan Bakhmut, yang sebenarnya merupakan jaringan kota bawah tanah. Tidak hanya (memiliki kemampuan untuk menampung) sekelompok besar orang di kedalaman 80-100 meter, tetapi tank dan kendaraan tempur infanteri juga dapat bergerak,” jelasnya seperti dikutip dari Al Arabiya, Minggu (8/1/2023).

Prigozhin, yang kemungkinan akan melihat modal politiknya di Moskow meningkat jika Bakhmut jatuh ke Rusia mengingat peran Wagner dalam pertempuran di sana, mengatakan bahwa stok senjata telah disimpan di kompleks bawah tanah sejak Perang Dunia Pertama.



Komentarnya mengacu pada garam yang luas dan tambang lain di daerah yang berisi terowongan lebih dari 100 mil dan ruang bawah tanah yang luas yang menjadi tuan rumah pertandingan sepak bola dan konser musik klasik di masa yang lebih damai.

Prigozhin, yang mendapat sanksi dari Barat, mengutip keuntungan lain dari merebut Bakhmut. Ia menyebutnya sebagai "pusat logistik yang serius" dengan benteng pertahanan yang unik.

Dia membuat komentarnya di saluran Telegram saat suara tembakan menggema di sekitar jalan-jalan Bakhmut yang hampir sepi pada hari Sabtu meskipun Rusia menyatakan gencatan senjata sepihan untuk menandai Natal Ortodoks, sesuatu yang ditolak Kiev dan menganggapnya tipuan.

Seorang pejabat Gedung Putih pada hari Kamis mengatakan bahwa Washington yakin Prigozhin ingin menguasai tambang garam dan gipsum di daerah tersebut untuk alasan komersial. Namun ia tidak menyebutkan dugaan penggunaan militer bawah tanah mereka.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1566 seconds (0.1#10.140)