Putra El Chapo Ditangkap, Kartel Sinaloa Ngamuk

Jum'at, 06 Januari 2023 - 21:43 WIB
loading...
Putra El Chapo Ditangkap, Kartel Sinaloa Ngamuk
Kartel Sinaloa memicu kekacauan dan baku tembak setelah putra dari pemimpin kelompok itu ditangkap. Foto/Los Angeles Times
A A A
MEXICO CITY - Penangkapan putra bos kartel yang terkenal di Meksiko telah memicu kekacauan di negara bagian Sinaloa, bagian barat negara itu. Geng-geng kriminal bersenjata berat terlibat baku tembak dengan militer saat mobil-mobil yang terbakar berserakan di jalan-jalan Culiacan.

Kerusuhan sipil, penjarahan, dan bahkan kerusuhan penjara juga meletus di kota, yang kabarnya menyerupai zona perang.

Penangkapan Ovidio 'El Raton' Guzman-Lopez dalam serangan militer pada Kamis pagi memicu bentrokan dengan pasukan keamanan, menjerumuskan kota Culiacan - rumah bagi kartel narkoba Sinaloa - ke dalam kekacauan. Kartel tersebut dianggap oleh Amerika Serikat (AS) sebagai organisasi perdagangan narkoba terbesar dan terkuat di dunia.

Gubernur negara bagian Sinaloa, Ruben Rocha Moya, telah melaporkan sedikitnya enam orang tewas dalam pertempuran sejauh ini, serta 29 orang terluka, termasuk delapan warga sipil dan 21 petugas polisi. Dia telah mengimbau warga untuk berlindung di tempat yang aman.



Rekaman dramatis yang menunjukkan kekacauan telah beredar di dunia maya, dengan seorang militan kartel terlihat menembakkan senapan kaliber Barrett 50 ke pesawat pemerintah di atas kepala. Pejabat Meksiko mengatakan Barrett adalah senjata favorit kelompok kriminal, mengingat kemampuannya menembus pelindung tubuh, dinding beton, dan bahkan kendaraan militer lapis baja.

Video juga menunjukkan sejumlah besar mobil yang dibakar diparkir di dekat 'blokade narkoba' kartel di sekitar Culiacan, serta sisa-sisa bus angkutan umum yang hangus. Menurut Gubernur Moya, sekitar 250 kendaraan dilaporkan dicuri di kota tersebut.

Tembakan senjata berat dapat terdengar di beberapa video, dengan warga sipil terlihat merunduk mencari perlindungan di jalan raya saat suara pertempuran terdengar di kejauhan.



Laporan media juga mencatat kasus penjarahan dan kerusuhan di Culiacan, termasuk upaya pelarian massal oleh narapidana di penjara Aguaruto. Sejumlah senapan militer dan barang selundupan lainnya disita di penjara tahun lalu, tetapi bentrokan di fasilitas tersebut menunjukkan bahwa beberapa tahanan masih bersenjata.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1486 seconds (0.1#10.140)