NATO Peringatkan Potensi Serangan Baru Rusia di Ukraina

Selasa, 03 Januari 2023 - 07:30 WIB
loading...
NATO Peringatkan Potensi Serangan Baru Rusia di Ukraina
Pasukan cadangan batalion ke-130 Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina menghadiri latihan militer di pinggiran Kiev, Ukraina, 10 April 2021. Foto/REUTERS/Valentyn Ogirenko
A A A
BRUSSELS - Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg memperingatkan Barat perlu bersiap menghadapi konflik berkepanjangan antara Ukraina dan Rusia.

Dalam pernyataan pada Minggu (1/1/2023), dia bersikeras pengiriman senjata ke Kiev harus dilanjutkan.

Stoltenberg mengatakan kepada BBC bahwa mobilisasi parsial Rusia, yang diluncurkan pada bulan September, menunjukkan Moskow tidak memiliki rencana untuk mengakhiri permusuhan dalam waktu dekat.

“Semua itu menunjukkan mereka siap melanjutkan perang dan juga mencoba berpotensi melancarkan serangan baru,” klaim dia.



Kepala blok militer pimpinan Amerika Serikat (AS) itu juga menegaskan Barat terus memberikan senjata dan bentuk dukungan lain kepada Ukraina.

Menurut sekretaris jenderal, "Itulah satu-satunya cara meyakinkan Rusia bahwa mereka harus duduk dan bernegosiasi dengan itikad baik dan menghormati Ukraina sebagai negara merdeka yang berdaulat di Eropa."

"Apa yang kami ketahui adalah bahwa apa yang dapat dicapai Ukraina di sekitar meja itu sepenuhnya bergantung pada kekuatan di medan perang," tegas dia.



Pada Jumat, Stoltenberg mengklaim meskipun "kedengarannya paradoks", dukungan militer Barat untuk Ukraina adalah "cara tercepat menuju perdamaian".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1665 seconds (0.1#10.140)