4 Negara yang Merayakan Tahun Baru dengan Jakarta secara Bersamaan

Senin, 02 Januari 2023 - 18:05 WIB
loading...
4 Negara yang Merayakan Tahun Baru dengan Jakarta secara Bersamaan
4 Negara yang Merayakan Tahun Baru dengan Jakarta secara Bersamaan. FOTO/Reuters
A A A
BANGKOK - Terdapat sedikitnya empat negara yang merayakan tahun baru dengan Jakarta secara bersamaan. Dalam hal ini, negara-negara merupakan tetangga yang berada di kawasan Asia Tenggara .

Mengacu pada format UTC (Universal Time Coordinated), wilayah Indonesia terbagi menjadi 3 zona, yakni Waktu Indonesia Barat (WIB) menggunakan +7, Waktu Indonesia Tengah (WITA) menggunakan +8, serta Waktu Indonesia Timur (WIT) menggunakan +9.



Sebagai contoh, bisa diambil Kota Jakarta yang menggunakan Waktu Indonesia Barat (WIB). Dalam hal ini, mereka berarti menggunakan UTC+7 atau yang biasa dikenal sebagai Waktu Indochina (ICT).

Selain sebagian wilayah Indonesia yang menggunakan UTC+7, terdapat sejumlah negara lain yang juga turut menggunakannya. Hal ini membuat negara-negara tersebut memiliki periode waktu yang sama dengan wilayah-wilayah Indonesia pengguna zona WIB.

Sehingga, pada perayaan tahun baru 2023 kemarin mereka juga pasti merayakannya dengan periode waktu yang sama dengan daerah yang menggunakan WIB, termasuk Jakarta. Berikut empat negara yang merayakan tahun baru dengan Jakarta secara bersamaan.



1. Thailand
Thailand merupakan salah satu negara di kawasan Asia Tenggara. Negara ini berbatasan dengan Myanmar dan Laos di utara, Laos dan Kamboja di timur, serta Malaysia di bagian selatan.

Mengutip Everyday Calculation, seperti yang diketahui, Thailand menggunakan offset UTC + 07.00. Adapun hal tersebut sama dengan Waktu Indonesia Barat (WIB) di Indonesia. Sehingga dalam hal ini, kemarin mereka merayakan tahun baru dengan waktu yang sama bersama Kota Jakarta.

2. Vietnam
Berikutnya ada Vietnam. Dengan ibu kota di Hanoi, negara ini berbatasan dengan China di utara serta Laos dan Kamboja di bagian barat.

Sama halnya Thailand, Vietnam juga menggunakan offset UTC + 07.00 atau biasa dikenal Waktu Indochina (ICT). Sehingga, mereka juga merayakan tahun baru dengan waktu yang sama seperti Jakarta.



3. Kamboja
Beralih ke Kamboja, negara ini memiliki ibu kota sekaligus kota terbesarnya di Phnom Penh. Dalam hal zona waktu, Kamboja juga menggunakan Waktu Indochina (ICT) alias UTC+07.00.

Sehingga dalam perayaan tahun baru kemarin, negara ini merayakannya dengan waktu yang sama dengan Kota Jakarta dan beberapa daerah lain di Indonesia yang menggunakan Waktu Indonesia Barat (WIB).

4. Laos
Satu lagi negara di Kawasan Asia Tenggara yang menggunakan UTC+07.00 atau Waktu Indochina (ITC) adalah Laos. Singkatnya, negara ini memiliki waktu yang sama dengan Thailand, Vietnam, Kamboja hingga Indonesia (WIB), termasuk Kota Jakarta.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1036 seconds (0.1#10.140)