Satu Rudal Patriot AS Rp62,3 Miliar untuk Hancurkan Drone Rusia Rp311 Juta, Efektifkah?

Kamis, 22 Desember 2022 - 14:58 WIB
loading...
Satu Rudal Patriot AS Rp62,3 Miliar untuk Hancurkan Drone Rusia Rp311 Juta, Efektifkah?
Sistem rudal Patriot AS terlalu mahal untuk dioperasikan Ukraina dalam melawan drone Rusia yang relatif murah. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Amerika Serikat (AS) mengumumkan bahwa mereka akan menyediakan baterai sistem rudal Patriot ke Ukraina untuk melawan invasi Rusia.

Para analis tidak meragukan kemampuan senjata pertahanan Amerika itu. Hanya saja, mereka mempertanyakan efektivitasnya karena operasional sistem Patriot terlalu mahal hanya untuk menghadapi drone Rusia yang sangat murah.

Tom Karako, direktur Centre for Strategic and International Studies (CSIS) yang berbasis di AS, mengatakan kepada CNN, Kamis (22/12/2022), bahwa sistem Patriot "bukan pengubah permainan" dalam perang Rusia-Ukraina karena itu "hanya mempertahankan sepotong kotoran yang relatif kecil".



Belum lagi kebutuhan logistik yang signifikan; hanya satu baterai yang dioperasikan oleh sekitar 90 tentara, dan termasuk komputer, sistem kontrol keterlibatan, radar susunan bertahap, peralatan pembangkit listrik, dan hingga delapan peluncur.

CSIS baru-baru ini mengatakan dalam sebuah laporan bahwa putaran rudal untuk Patriot masing-masing bernilai sekitar USD4 juta (Rp62,3 miliar).

Pensiunan Jenderal Mark Hertling, mantan komandan Angkatan Darat AS-Eropa mengatakan putaran yang mahal dari setiap misil sistem Patriot kemungkinan tidak akan digunakan untuk menembak jatuh setiap rudal yang diluncurkan Rusia ke Ukraina.

“Ini bukan sistem yang akan mengejar drone atau rudal balistik yang lebih kecil,” katanya.

“Bisakah itu melakukan itu? Sangat. Tetapi ketika Anda berbicara tentang merobohkan drone USD20.000 (Rp311 juta), atau rudal balistik USD100.000 (Rp1,5 miliar) yang dibeli Rusia, dengan roket USD3-5 juta, itu tidak memberi Anda banyak pengembalian investasi. Apa yang dapat dilakukannya adalah membebaskan sistem rendah dan menengah untuk mengejar target semacam itu," paparnya.

Departemen Luar Negeri AS pada Selasa lalu mengumumkan paket bantuan baru ke Ukraina yang mencakup transfer pertama kalinya Sistem Pertahanan Udara dan Rudal Patriot. "Yang mampu menjatuhkan rudal jelajah, rudal balistik jarak pendek, dan pesawat terbang di langit-langit yang jauh lebih tinggi daripada sistem pertahanan udara yang disediakan sebelumnya,” kata departemen tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1313 seconds (0.1#10.140)