5 Negara yang Dukung Papua Barat Merdeka dari Indonesia

Kamis, 22 Desember 2022 - 09:48 WIB
loading...
5 Negara yang Dukung Papua Barat Merdeka dari Indonesia
Ada lima negara di Pasifik yang mendukung Papua Barat merdeka dari Indonesia. Foto/Antara Foto/Sevianto Pakiding via REUTERS
A A A
JAKARTA - Ada lima negara di Pasifik yang baik secara diam-diam atau secara terbuka mendukung kelompok separatis Papua Barat untuk merdekakan wilayah itu dari Indonesia.

Kelompok separatis United Liberation Movement for West Papua (ULMP) telah lama berupaya memerdekakan Papua Barat dari Indonesia. Sayap militer mereka sampai saat ini terus mengangkat senjata, mengobarkan teror dan perlawanan terhadap Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polisi Republik Indonesia (Polri).

Lima negara Pasifik telah menyuarakan dukungan kemerdekaan untuk Papua Barat dengan dalih ada masalah hak asasi manusia (HAM) di sana. Masalah itu telah berkali-kali dijawab para diplomat Indonesia di forum PBB.

Baca Juga: Usik Indonesia, Negara-negara Pasifik Ikut Campur soal Papua Barat

Berikut 5 negara Pasifik yang mendukung Papua Barat merdeka dari Indonesia:

1. Palau

Palau merupakan sebuah negara kepulauan di Pasifik Barat. Mengutip laman East Asia Forum, dukungan Palau telah berkali-kali disuarakan dalam Forum Kepulauan Pasifik.

Bahkan, di Sidang ke-71 Majelis Umum PBB, Palau mengajak dunia untuk bergerak menangani pelanggaran HAM di Papua Barat. Ia juga mendukung hak warga Papua Barat untuk menentukan nasibnya sendiri.

2. Vanuatu

Apabila dibandingkan dengan Palau, Vanuatu lebih vokal dalam mendukung Papua Barat merdeka dari Indonesia. Menurut laporan The Guardian, sejak lama negara kepulauan ini menjadi pendukung hak-hak orang Papua Barat untuk merdeka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2060 seconds (0.1#10.140)