Profil Salah Hammouri, Pengacara Palestina yang Dideportasi Israel ke Prancis

Rabu, 21 Desember 2022 - 13:26 WIB
loading...
Profil Salah Hammouri, Pengacara Palestina yang Dideportasi Israel ke Prancis
Pengacara serta aktivis Palestina Salah Hammouri. Foto/YUMNA PATEL/MONDOWEISS
A A A
PARIS - Israel mendeportasi seorang pengacara serta aktivis Palestina, Salah Hammouri, ke Prancis, Minggu (18/12/2022). Hammouri (37) telah tiba di Prancis dengan penerbangan Minggu pagi dari Tel Aviv.

Saat tiba di Bandara Charles de Gaulle, Hammouri menggunakan setelan pakaian olahraga hitam, keffiyeh atau kerudung Palestina dengan warna hitam putih di lehernya. Ia disambut sang istri, Elsa, dan para pendukungnya.

Kementerian Dalam Negeri Israel mengatakan pendeportasian tersebut mengikuti keputusan Menteri Dalam Negeri Ayelet Shaked untuk menarik status kependudukan Hammouri.



Status kependudukan Hammouri di Yerusalem telah dicabut oleh Israel pada 2021. Pihak Israel menilai Hammouri mempunyai hubungan dengan kelompok aktivis di Front Populer untuk Pembebasan Palestina. Kelompok tersebut dilabeli Israel sebagai organisasi teroris.

Hammouri bekerja sebagai pembela hak asasi manusia Prancis Palestina dan pengacara di Addameer yang berbasis di Yerusalem.

Ia secara aktif mencari keadilan serta pertanggungjawaban atas pelanggaran hak Palestina.



Diketahui, Hammouri lahir di Yerusalem namun berkewaganegaraan Prancis. Hammouri menghabiskan tujuh tahun dipenjara setelah dinyatakan bersalah atas dugaan rencana pembunuhan seorang rabi terkemuka.

Namun, pada 2011, Hammouri dibebaskan dalam pertukaran tahanan dengan kelompok militan Hamas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1046 seconds (0.1#10.140)