Inggris: Rusia Akan Beri Iran Komponen Militer Canggih dengan Imbalan Drone Kamikaze

Rabu, 21 Desember 2022 - 01:01 WIB
loading...
Inggris: Rusia Akan Beri Iran Komponen Militer Canggih dengan Imbalan Drone Kamikaze
Inggris menyatakan Rusia akan memberi Iran komponen militer canggih sebagai imbalan atas pasokan ratusan drone kamikaze Teheran ke Moskow. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace mengatakan Rusia bermaksud untuk memberikan Iran komponen militer canggih dengan imbalan ratusan drone kamikaze.

“Iran telah menjadi salah satu pendukung militer utama Rusia,” kata Wallace kepada Parlemen, Selasa (20/12/2022), sebagai bagian dari pernyataan tentang konflik Rusia-Ukraina.

“Sebagai imbalan karena telah memasok lebih dari 300 drone kamikaze, Rusia sekarang bermaksud untuk memberi Iran komponen militer canggih, yang merusak keamanan Timur Tengah dan internasional," papar Wallace, seperti dikutip Reuters.



Sebelumnya pada hari yang sama, Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell mengatakan kepada Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian bahwa Teheran harus segera menghentikan dukungan militer untuk Rusia.

Iran telah mengakui memasok Moskow dengan drone tetapi itu semua dikirim sebelum perang pecah di Ukraina. Drone tersebut telah digunakan Rusia untuk menargetkan pembangkit listrik dan infrastruktur sipil.

Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Eropa telah memberikan sanksi kepada tokoh militer Iran dan produsen pertahanan yang diyakini terlibat dalam pasokan drone Iran ke Rusia.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1093 seconds (0.1#10.140)