Pejabat Ukraina Yakin Stok Rudal Rusia Menipis, Eks Dubes AS: Hati-hati Buat Klaim

Selasa, 20 Desember 2022 - 17:22 WIB
loading...
Pejabat Ukraina Yakin Stok Rudal Rusia Menipis, Eks Dubes AS: Hati-hati Buat Klaim
Sistem pertahanan rudal S-300 Rusia. Foto/Ilustrasi
A A A
KIEV - Seorang pejabat tinggi Ukraina percaya bahwa Rusia telah kehabisan rudal untuk menargetkan infrastruktur penting.Namun seorang mantan duta besar Amerika Serikat (AS) mengingatkan untuk berhati-hati membuat klaim.

Sekretaris Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina Oleksiy Danilov mengatakan kepada outlet berita Ukraine Pravda bahwa Rusia memiliki paling banyak dua atau tiga, mungkin empat cadangan lagi.

“Tetapi kemudian mereka akan benar-benar tanpa rudal, yang tidak dapat diterima, karena mereka mungkin memiliki tantangan yang sangat berbeda, dan mereka harus meninggalkan setidaknya beberapa cadangan,” kata Danilov seperti dikutip dari Newsweek, Selasa (20/12/2022).

Sekitar sebulan yang lalu, Menteri Pertahanan Ukraina Oleksiy Reznikov men-tweet daftar pasokan rudal Rusia presisi tinggi pada 22 November, menunjukkan berkurangnya persediaan rudal Iskander, Kalibr, Kh-22/32 dan Kh-35.

Mantan duta besar AS dan asisten anggota senior di lembaga nirlaba RAND Corporation, William Courtney, mengatakan kepada Newsweek bahwa sebaiknya Danilov dan pejabat Ukraina lainnya berhati-hati saat membuat klaim tentang persediaan rudal Rusia.

"Moskow memiliki cadangan untuk tujuan lain, termasuk perang dengan NATO," kata Courtney.

"Seberapa dalam keinginan untuk terjun ke dalam mereka untuk digunakan melawan Ukraina tidak mudah dinilai," imbuhnya.



"Masih ada ketidakpastian mengenai berapa banyak S-300 yang ingin digunakan kembali oleh Rusia sebagai rudal permukaan-ke-permukaan," tambahnya.

Danilov menyatakan skeptis mengenai jumlah rudal yang dimiliki Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1609 seconds (0.1#10.140)