Pablo Escobar, Gembong Narkoba yang Hampir Jadi Presiden Kolombia

Senin, 19 Desember 2022 - 23:45 WIB
loading...
Pablo Escobar, Gembong Narkoba yang Hampir Jadi Presiden Kolombia
Pablo Escobar, Gembong Narkoba yang Hampir Jadi Presiden Kolombia. FOTO/Busines Insider
A A A
BOGOTA - Sosok Pablo Escobar tentu sudah tak asing lagi bagi sebagian orang. Pria bernama lengkap Pablo Emilio Escobar Gaviria ini dikenal sebagai gembong narkoba kelas kakap Kolombia .

Mengutip informasi dari laman Insight Crime, Senin (19/12/2022), Escobar memimpin Kartel Medellin sejak tahun 1970-an hingga awal 1990-an. Pada perkembangannya, pria berjuluk “El Patron” ini disebut sebagai pelopor perdagangan kokain dalam skala internasional.



Pablo Escobar lahir di Rionegro, Kolombia, pada 1 Desember 1949. Dalam riwayatnya, dia berasal dari latar belakang keluarga yang sederhana. Escobar kecil harus putus sekolah karena keluarganya tidak sanggup membiayai pendidikannya. Setelahnya, dia mulai terjerumus ke hal-hal buruk yang mengarah ke tindakan kriminal.

Awalnya, dia mulai melakukan tindak kejahatan seperti menyelundupkan peralatan stereo, hingga mencuri batu nisan dengan tujuan dijual kembali. Barulah sekitar 1970-an, dia bersama Ochoa bersaudara (Jorge, Juan, Fabio) terjun ke perdagangan Kokain di Kolombia.

Di sana, Escobar mendirikan sebuah kartel narkoba bernama Medellin. Seiring waktu, bisnisnya ini terus berkembang dan berjalan lancar. El Patron mengalami puncak penjualan pada kurun 1980 hingga awal 1990-an. Kala itu ia berhasil mengendalikan hampir seluruh pasokan kokain, termasuk pengiriman dari negara-negara lain seperti Peru, hingga Bolivia ke Kolombia.

Pada 1980-an, Medellin diperkirakan telah memasok lebih dari 80 persen kokain yang dikirim ke Amerika Serikat. Tercatat, per harinya mereka bisa mengirim sampai 15 ton banyaknya.



Tak seperti gembong narkoba lain, Pablo Escobar tak takut untuk memamerkan kekayaannya. Tercatat, selama pertengahan 1980-an, Medellin diperkirakan memiliki pendapatan hingga USD420 juta per minggu.

Dalam statusnya sebagai bos kartel Medellin, Escobar menampilkan dirinya sebagai sosok populis, yakni mendapat diskriminasi dari kelas atas karena latar belakangnya, serta suka membantu orang-orang miskin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1544 seconds (0.1#10.140)