Mampu Capai AS, Rudal Rusia Ini 12 Kali Lebih Dahsyat dari Bom Atom Hiroshima

Rabu, 14 Desember 2022 - 23:08 WIB
loading...
Mampu Capai AS, Rudal Rusia Ini 12 Kali Lebih Dahsyat dari Bom Atom Hiroshima
Rudal balistik antarbenua Rusia, Yars, mampu capai AS dan 12 kali lebih dahsyat dari bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima. Foto/The Defense Post
A A A
MOSKOW - Kementerian Pertahanan Rusia baru saja merilis video rudal balistik antarabenua (ICBM) yang diluncurkan dari silo. Media Rusia secara luas menyebutkan bahwa itu sebagai peringatan nyata kepada Barat..

Surat kabar tabloid Rusia Komsomolskaya Pravda melaporkan bahwa kompleks silo rudal Yars, yang dimuat di wilayah Kaluga, memiliki kapasitas 12 kali lebih besar dari bom Amerika yang menghancurkan Hiroshima. Laporan ini mengacu pada senjata atom yang dijatuhkan AS di kota Jepang pada 6 Agustus 1945.

Laporan surat kabar itu menguraikan beberapa spesifikasi rudal, yang meliputi bobot peluncuran 46.000 ton, jangkauan operasional hingga 12.000 kilometer yang dapat menyerang AS atau wilayah Eropa mana pun, dan muatan hingga 500 kiloton.

Rudal RS-24 Yars adalah versi perbaikan dari rudal sebelumnya Topol-M. Dikenal di Barat sebagai SS-29, rudal ini dikembangkan oleh Moscow Institute of Thermal Engineering dan pertama kali diuji pada tahun 2007.

Mampu mempersiapkan peluncuran dalam tujuh menit, menurut situs web Military Today, rudal tersebut dapat ditembakkan dari lokasi yang telah disiapkan, garasi khusus dengan atap geser, atau dari posisi yang tidak siap selama penempatan di lapangan.



Kementerian Pertahanan Rusia pada hari Rabu mengatakan bahwa rudal dipasang di silo menggunakan unit pengangkutan dan pemuatan khusus dalam operasi yang memakan waktu beberapa jam.

Operasi itu menjelang Hari Pasukan Rudal Strategis tahunan Rusia yang akan diperingati pada Sabtu, 17 Desember mendatang.

“Pentingnya operasi ini terletak pada kenyataan bahwa rudal berikutnya akan bertugas tempur seperti yang direncanakan,” kata Alexei Sokolov, komandan formasi rudal Kozelsky.

"Ibu pertiwi akan menerima sampel senjata rudal nuklir lainnya, yang memungkinkan kami menyelesaikan tugas apa pun di tingkat strategis," tambahnya, menurut kantor berita TASS milik negara, yang dikutip Newsweek, Rabu (14/12/2022).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1606 seconds (0.1#10.140)