Rusia dalam Bahaya, AS Dilaporkan Siap Kirim Rudal Patriot ke Ukraina

Rabu, 14 Desember 2022 - 02:07 WIB
loading...
Rusia dalam Bahaya, AS Dilaporkan Siap Kirim Rudal Patriot ke Ukraina
AS dilaporkan siap untuk mengirimkan baterai rudal Patriot ke Ukraina. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) dilaporkan siap untuk mengirim baterai rudal Patriot ke Ukraina . AS akhirnya menyetujui permintaan mendesak dari para pemimpin Ukraina yang sangat membutuhkan senjata yang lebih kuat untuk menembak jatuh serangan Rusia yang masuk, kata pejabat AS.

"Persetujuan kemungkinan akan datang akhir pekan ini dan dapat diumumkan paling cepat Kamis," kata tiga pejabat, yang berbicara tanpa menyebut nama karena keputusan itu belum final dan belum diumumkan seperti dilansir dari AP, Rabu (14/12/2022).

Para pemimpin Gedung Putih dan Pentagon telah mengatakan secara konsisten bahwa memberi Ukraina pertahanan udara tambahan adalah prioritas, dan rudal Patriot telah dipertimbangkan selama beberapa waktu. Salah satu pejabat mengatakan bahwa saat musim dingin ditutup, pertimbangan tersebut menjadi prioritas yang lebih tinggi.

Potensi persetujuan administrasi untuk baterai Patriot pertama kali dilaporkan oleh CNN.

Sebelumnya, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mendesak para pemimpin Barat untuk menyediakan senjata yang lebih canggih untuk membantu negaranya dalam perangnya dengan Rusia.



Menyediakan rudal permukaan-ke-udara Patriot akan memajukan jenis sistem pertahanan yang dikirim Barat untuk membantu Ukraina mengusir serangan udara Rusia, dan dapat menandai eskalasi.

Selama konferensi video pada hari Senin, Zelensky mengatakan kepada tuan rumah Jerman dan para pemimpin lain dari kekuatan industri G7 bahwa negaranya membutuhkan bantuan rudal jarak jauh, tank modern, artileri dan baterai rudal serta sistem pertahanan udara berteknologi tinggi lainnya untuk melawan serangan Rusia yang telah melumpuhkan pasokan listrik dan air untuk jutaan orang Ukraina.

“Sayangnya, Rusia masih memiliki keunggulan dalam artileri dan misil,” kata Zelensky.

Ia juga mengatakan bahwa melindungi fasilitas energi Ukraina dari rudal Rusia dan drone Iran akan menjadi perlindungan seluruh Eropa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1400 seconds (0.1#10.140)