Misteri Kematian Pemimpin Korut, Korsel Sebut Kim Jong-un Masih Hidup

Selasa, 28 April 2020 - 06:45 WIB
loading...
A A A
Berbeda dengan itu, China mengirim tim medis ke Korut, termasuk pakar kesehatan untuk memeriksa kondisi kesehatannya. Tidak jelas kunjungan tim medis China menunjukkan kondisi kesehatan Kim.

Sementara itu, Reuters melaporkan berdasarkan citra satelit yang diperoleh dari 38 North, lembaga pemantau Korut berbasis di Washington, menyatakan kereta khusus milik Kim Jong-un terlihat pekan ini di sebuah resor. 38 North melaporkan, kereta itu berhenti di “stasiun kepemimpinan” di Wonsan pada 21-23 April lalu. Stasiun itu biasanya digunakan oleh keluarga Kim Jong-un.

Reuters belum bisa mengonfirmasi apakah kereta tersebut merupakan kereta Kim atau apakah dia berada di Wonsan. “Keberadaan kereta itu belum bisa membuktikan keradaan pemimpin Korut atau mengindikasi tentang kondisi kesehatannya,” demikian laporan North 38.

Melansir Newsweek, salah seorang pejabat senior Pentagon membenarkan adanya rumor mengenai meninggalnya Jon-Un. Namun, Pentagon masih akan memantau terus aktivitas di Korut, maupun pergerakan militer negara tersebut. "Dengan kehadiran kereta di Wonsan dan ketidakhadirannya dari dua peristiwa besar, tentu ada kredibilitas untuk melaporkan bahwa Jong-Un berada dalam kondisi kesehatan yang serius atau berpotensi meninggal," kata pejabat Pentagon yang tidak disebutkan namanya. Yang jelas, Pentagon mengungkapkan bahwa AS tetap mempertahankan kesiapan militer di semenanjung Korea untuk melindungi Korsel dari pergerakan militer Korut.

Spekulasi tentang kesehatan Kim Jong-un berkembang saat dia tidak hadir dalam ulang tahun Bapak Bangsa Korut dan kakeknya, Kim Il-sung, pada 15 April lalu. Media Korut melaporkan keberadaan Kim terakhir pada pertemuan 11 April lalu.

Sementara itu, mantan pejabat Partai Pekerja, Lee Jeong-ho, mengungkapkan bahwa Jong-un bisa saja terluka dalam proses pelaksanaan uji coba peluncuran misil yang dilaksanakan pada 14 April lalu. “Kim tidak hadir dalam laporan uji coba ketika tidak ada video peluncuran misil dan latihan tempur dilaksanakan. Itu menunjukkan adanya kemungkinan kecelakaan tak diprediksi seperti serpihan atau kebakaran,” katanya dalam artikel di harian Korsel, Dong-a Ilbo, dilansir Daily Mail.

Lee juga mengabaikan klaim yang melaporkan Jong-un mengalami koma setelah menjalani operasi jantung. “Laporan Jong-un dirawat di rumah sakit Mount Myohayng juga tidak benar karena dokternya berada di Pyongyang,” kata Lee. Bagaimanapun, peluncuran misil yang dilaksanakan di pantai timur Korut pada 14 April tidak bisa terlaksana tanpa persetujuan Kim.

The Washington Post melaporkan, rumor kematian Jong-un berakibat pada kepanikan warga di Pyongyang. Banyak orang membeli beras, rokok, ikan kaleng dalam jumlah besar. Banyak helikopter juga terbang rendah di Pyongyang. Itu menimbulkan ketakutan tersendiri bagi warga ibu kota.

Adik Perempuan Jong-un Jadi Sorotan

Pertanyaan tentang siapa pengganti Jong-un jika memang benar meninggal? Adik perempuan Jong-un, Kim Yo-jong, menjadi pusat perhatian karena dia adalah kandidat kuat yang akan menggantikan kakaknya. Forbes melaporkan, Yo-jong diprediksi kuat sebagai pengganti Jong-un.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1058 seconds (0.1#10.140)