Rusia Kerahkan Sistem Rudal Pertahanan di Pulau Kuril Dekat Jepang

Selasa, 06 Desember 2022 - 13:06 WIB
loading...
Rusia Kerahkan Sistem Rudal Pertahanan di Pulau Kuril Dekat Jepang
Sistem rudal Bastion Rusia, yang memiliki rudal dengan jangkauan penerbangan hingga 500 km, dikerahkan di Pulau Paramushir, Kuril. Foto/military leak
A A A
KURIL - Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia mengatakan telah mengerahkan sistem rudal pertahanan pantai bergerak di pulau Kuril utara.

Pulau itu bagian dari rantai pulau yang berlokasi strategis yang membentang antara Jepang dan Semenanjung Kamchatka Rusia.

Jepang mengklaim Pulau Kuril selatan yang dikuasai Rusia yang disebut Tokyo sebagai Wilayah Utara.

Klaim ini merupakan pertikaian teritorial yang terjadi sejak akhir Perang Dunia Kedua ketika pasukan Soviet merebutnya dari Jepang.

“Sistem rudal Bastion Rusia, yang memiliki rudal dengan jangkauan penerbangan hingga 500 km, dikerahkan di Pulau Paramushir di bagian utara Kepulauan Kuril,” ungkap Kementerian Pertahanan Rusia, Senin (5/12/2022).

Baca juga: Jet Tempur Tak Berawak Pertama Turki Siap Terbang Perdana

“Prajurit pesisir Armada Pasifik akan terus berjaga sepanjang waktu untuk mengontrol wilayah perairan dan zona selat yang berdekatan,” papar Kemhan Rusia.

Kemhan Rusia mengatakan satu kamp militer didirikan di Paramushir dengan kondisi yang memungkinkan untuk dinas, akomodasi, rekreasi, dan makanan sepanjang tahun untuk para personel.

“Pengerahan ini dilakukan setahun setelah Rusia memasang sistem rudal Bastion di pulau Matua, di bagian tengah punggung bukit Kuril,” ungkap Kemhan Rusia.

Baca juga: AS Diam-diam Modifikasi HIMARS yang Dikirim ke Ukraina, Tujuannya…
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.5369 seconds (11.97#12.26)