Kremlin: Moskow Tak Akan Terima Batasan Harga Minyak Rusia

Minggu, 04 Desember 2022 - 06:30 WIB
loading...
Kremlin: Moskow Tak Akan Terima Batasan Harga Minyak Rusia
Kremlin: Moskow Tak Akan Terima Batasan Harga Minyak Rusia.. FOTO/Financial Times
A A A
MOSKOW - Moskow tidak akan menerima batasan harga minyak Rusia . Hal itu diungkapkan Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan, Sabtu (3/12/2022).

"Kami sedang menilai situasinya. Persiapan tertentu untuk pembatasan semacam itu telah dilakukan. Kami tidak akan menerima batasan harga dan kami akan memberi tahu Anda bagaimana pekerjaan akan diatur setelah penilaian selesai," kata Peskov, seperti dikutip dari TASS.

Baca: Ukraina Desak Barat Beri Tekanan Lebih Keras pada Harga Minyak Rusia

Pada Jumat (2/12/2022), negara-negara Uni Eropa sepakat untuk membatasi harga minyak lintas laut Rusia sebesar USD60 per barel. Anggota kelompok G7 dan Australia mengumumkan tindakan serupa. Batas tersebut mulai berlaku Senin (5/12/2022), bersamaan dengan embargo UE terhadap minyak Rusia yang dikirim melalui laut.

Peskov mengatakan, Rusia perlu menganalisis situasi sebelum memutuskan tanggapan khusus, tetapi tidak akan menerima batas atas harga.

Sementara perwakilan tetap Rusia untuk organisasi internasional di Wina, Mikhail Ulyanov, memperingatkan bahwa pendukung topi Eropa akan menyesali keputusan mereka. "Mulai tahun ini, Eropa akan hidup tanpa minyak Rusia," cuit Ulyanov.

“Moskow telah menjelaskan bahwa mereka tidak akan memasok minyak ke negara-negara yang mendukung pembatasan harga anti-pasar. Tunggu, UE akan segera menuduh Rusia menggunakan minyak sebagai senjata,” lanjutnya.

Baca: Tolak Pembatasan Harga, Rusia Ancam Setop Pasok Minyak ke Barat

Kantor Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, sementara itu, menyerukan pada Sabtu untuk batas harga yang lebih rendah, dengan mengatakan bahwa yang diadopsi oleh UE dan ekonomi terkemuka Kelompok Tujuh tidak berjalan cukup jauh.

“Penting untuk menurunkannya menjadi USD30 untuk menghancurkan ekonomi musuh lebih cepat,” Andriy Yermak, kepala kantor Zelenskyy, menulis di Telegram, mempertaruhkan posisi yang juga disukai oleh Polandia – seorang kritikus terkemuka Presiden Rusia Vladimir Putin.

Di bawah perjanjian hari Jumat, perusahaan asuransi dan perusahaan lain yang diperlukan untuk mengirimkan minyak hanya akan dapat menangani minyak mentah Rusia jika harga minyak berada pada atau di bawah batas. Sebagian besar perusahaan asuransi berlokasi di UE dan Inggris Raya dan mungkin diminta untuk mematuhi batas atas.
(esn)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2601 seconds (11.210#12.26)