Bos Pentagon Puji Bomber Siluman B-21 Raider: Bukti Keunggulan Abadi Amerika

Sabtu, 03 Desember 2022 - 13:06 WIB
loading...
Bos Pentagon Puji Bomber Siluman B-21 Raider: Bukti Keunggulan Abadi Amerika
Pentagon memuji pesawat pengebom nuklir siluman tercanggih AS, B-21 Raider, saat peluncurannya pada Jumat (2/12/2022). Foto/Screenshot video Mail Online
A A A
PALMDALE - Kepala Pentagon atau Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin memuji pesawat pengebom (bomber) nuklir siluman B-21 Raider saat peluncuran pada Jumat waktu setempat.

Austin mengatakan bomber siluman berteknologi tinggi yang dirancang untuk dapat terbang tanpa awak itu adalah bukti keunggulan Amerika.

Upacara koreografi apik di fasilitas pabrikan B-21 Northrop Grumman di Palmdale, California, dibuka dengan lagu kebangsaan AS saat bomber yang lebih tua meraung di atas kerumunan yang termasuk pejabat tinggi AS.

Musik dramatis dimainkan dan lampu menyala saat pintu hanggar yang menahan pesawat baru perlahan terbuka, dan penonton bertepuk tangan saat kain yang menutupinya ditarik untuk memperlihatkan sebuah pesawat pengebom abu-abu ramping yang pembuatannya mengabiskan hampir USD700 juta tersebut.



“B-21 Raider adalah pengebom strategis pertama dalam lebih dari tiga dekade," kata Austin.

"Ini adalah bukti keunggulan abadi Amerika dalam kecerdikan dan inovasi,” imbuh bos Pentagon tersebut dalam sambutannya pada upacara tersebut.

Banyak spesifikasi pesawat yang dirahasiakan, tetapi pesawat akan menawarkan kemajuan yang signifikan atas bomber yang ada di armada AS. Itulah yang disorot oleh Austin dalam sambutannya.

Dia memuji jangkauannya, yang menurutnya, tidak ada bomber jarak jauh lain yang dapat menandingi efisiensinya dan daya tahannya."Itu dirancang untuk menjadi bomber yang paling mudah dirawat yang pernah dibuat," kata Austin.

Seperti pesawat tempur F-22 Raptor dan F-35 Lightning II, B-21 Raider menampilkan teknologi siluman, yang meminimalkan ciri khas pesawat melalui bentuk dan bahan pembuatannya, membuatnya lebih sulit untuk dideteksi musuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1164 seconds (0.1#10.140)