Bikin Heboh, Arab Saudi Putar Film Homoseks Tanpa Sensor

Sabtu, 03 Desember 2022 - 07:57 WIB
loading...
Bikin Heboh, Arab Saudi Putar Film Homoseks Tanpa Sensor
Arab Saudi gelar Red Sea Film Festival 2022 yang memutar berbagai film termasuk yang bertema homoseks. Bahkan, penyelenggara membuat kebijakan nol sensor untuk acara ini. Foto/Arab News
A A A
RIYADH - Arab Saudi menggelar festival film internasional yang memutar beragam film termasuk yang bertema homoseks . Film-film yang diputar bahkan "nol sensor" atau tanpa sensor.

Red Sea Film Festival 2022 meluncurkan 10 hari pemutaran pada Kamis (1/12/2022). Acara ini tidak biasa karena digelar di negara di mana lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) dikriminalisasi.

Acara tersebut digelar lima tahun setelah monarki Teluk tersebut mencabut larangan bioskop yang telah berlaku selama puluhan tahun.

Para tamu festival termasuk aktor dan sutradara Lebanon Nadine Labaki, serta sesama sutradara Guy Ritchie dan pemenang Oscar Spike Lee.



Acara ini memasuki tahun keduanya setelah memulai debutnya pada tahun 2021. Meski membuat gebrakan dengan menggelar festival film tanpa sensor, tetap saja Barat menuduh pemerintah Arab Saudi menggunakan budaya untuk menutupi catatan hak asasi manusia (HAM) yang buruk.

Terlepas dari reformasi hukum sosial termasuk mengizinkan perempuan untuk mengemudi, Putra Mahkota yang juga penguasa de facto Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS), telah mengawasi lonjakan eksekusi dan menghancurkan perbedaan pendapat politik.

Dia juga dikecam secara luas karena mengarahkan intervensi Arab Saudi dalam perang saudara di Yaman dan, menurut intelijen Amerika Serikat (AS), kemungkinan besar telah memerintahkan pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Michael Page, wakil direktur divisi Timur Tengah dan Afrika utara di Human Rights Watch (HRW), menuduh otoritas Arab Saudi "menggunakan festival sebagai alat pencucian reputasi, dengan cara yang sama seperti mereka menggunakan selebriti dan acara olahraga sebelumnya untuk mencoba menutupi citra mereka yang cukup mengerikan."

Mohammed Al Turki, seorang produser film dan kepala eksekutif festival tersebut, mengatakan ada sedikit kemunafikan Barat terkait kritik terhadap penyelenggaraan festival film di Arab Saudi.

Dia menambahkan bahwa dirinya bersemangat untuk mengadakan acara di negaranya yang tidak mungkin terjadi beberapa tahun yang lalu.



Ditanya oleh situs web berita industri film Hollywood; Deadline, tentang hak LGBT, Turki mengatakan: “Festival ini memiliki kebijakan nol sensor...Saya tidak berpikir Anda dapat mengadakan festival film internasional jika Anda akan memiliki sensor—itu tidak saling membantu."

Salah satu film yang diputar, The Blue Caftan, adalah kisah yang berpusat pada seorang penjahit Maroko yang diam-diam gay yang dipaksa untuk menghadapi seksualitasnya ketika seorang magang laki-laki bergabung dengan bengkelnya.

Situs web festival memuji sutradara Maryam Touzani, "karena meliput subjek kompleks dengan kepekaan dan keberanian, menunjukkan jalan menuju masyarakat di mana tradisi dan toleransi dapat berkembang bersama."

Mengizinkan film semacam itu di festival menciptakan paradoks di mana hotel Ritz Carlton di Jeddah untuk sementara waktu dibebaskan dari praktik homophobia Arab Saudi.

Tamu lainnya termasuk Luca Guadagnino, yang menyutradarai Call Me By Your Name pemenang Oscar, sebuah kisah cinta gay yang dianggap tidak akan pernah lolos dari sensor Arab Saudi.

Kaleem Aftab, direktur program internasional di festival tersebut, mengatakan tidak ada mandat pemerintah yang membatasi film yang dapat dia pilih.

Berbicara kepada majalah industri Screen International, Aftab berkata: “Melihat Arab Saudi sebagai keseluruhan monolitik adalah kesalahan besar—seperti saya mengatakan bahwa setiap orang di Inggris adalah Brexiteer Inggris kulit putih."

“Lihatlah Amerika hari ini, dengan Roe v Wade terbalik. Hal-hal bisa berjalan mundur dan maju. Setiap masyarakat memiliki ketidaksempurnaan, setiap masyarakat menghadapinya," katanya, seperti dikutip dari The Guardian, Sabtu (3/12/2022).

Sementara festival menggambarkan dirinya sebagai independen, organisasi bergantung pada dana negara dan sponsor dari perusahaan terkait pemerintah, dan dipandang sebagai cara kerajaan untuk mendorong investasi dalam industri film dan televisi.

Tahun ini, Riyadh mengumumkan potongan tunai 40% untuk produksi film, dan bersamaan dengan pemutaran, festival akan mengadakan konferensi untuk mempromosikan sektor tersebut, bernama Red Sea Souk.

Penyelenggara berharap produksi Timur Tengah dan selatan global yang mungkin diabaikan dan kurang dipromosikan di festival internasional lainnya akan diberi kesempatan untuk bersinar.

Festival tahun lalu dihadiri oleh Haifaa al-Mansour, seorang sutradara wanita Arab Saudi pemenang penghargaan, yang filmnya Wadjda tahun 2012 adalah film feature pertama yang dibuat seluruhnya di negara Teluk itu.

Namun, Dana Ahmed, seorang peneliti Timur Tengah di Amnesty International, mengatakan festival tersebut harus dilihat dalam konteks pihak berwenang yang “tidak menoleransi kebebasan berekspresi”.

"Penting untuk dicatat di tengah-tengah dorongan reformis Arab Saudi bahwa tindakan keras yang terus dilakukan pihak berwenang terhadap kebebasan berekspresi berarti bahwa setiap orang berisiko dipenjara selama beberapa dekade karena kebebasan berbicara mereka," katanya.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1581 seconds (0.1#10.140)