Makin Banyak Paket Misterius Dikirim ke Sejumlah Kedubes Ukraina

Sabtu, 03 Desember 2022 - 00:45 WIB
loading...
Makin Banyak Paket Misterius Dikirim ke Sejumlah Kedubes Ukraina
Seorang teknisi bahan peledak memasuki konsulat Ukraina di Brno, Republik Ceko, 2 Desember 2022. Foto/Twitter/@PolicieCZ
A A A
PRAHA - Kepolisian Republik Ceko menganalisis paket mencurigakan di Kedutaan Besar (Kedubes) Ukraina di Praha dan konsulat di Brno. Mereka menemukan “jaringan hewan” di salah satu surat.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Ukraina mengklaim beberapa kantor diplomatiknya telah dikirimi paket berisi daging dan bagian hewan yang membusuk dalam beberapa hari terakhir.



Kepolisian nasional Ceko mengumumkan pada Jumat (2/12/2022) bahwa konsulat Ukraina di Brno telah dievakuasi dan teknisi bom dikirim untuk menyelidiki "paket mencurigakan".

Tak lama kemudian, pasukan mengumumkan paket tersebut tidak berisi bahan peledak, tetapi “jaringan hewan”.



Polisi kemudian mengumumkan "kiriman serupa" tiba di Kedubes Ukraina di Praha. Teknisi bom dikerahkan untuk memeriksa paket tersebut, yang menurut polisi "mirip dengan paket yang tiba di Brno". Sekali lagi, paket berisi jaringan hewan.

Kiev memerintahkan kedutaannya memperketat keamanan setelah paket berisi alat peledak dikirim ke Kedubes Ukraina di Madrid pada Rabu.



Bingkisan itu meledak di tangan seorang karyawan. Paket bahan peledak selanjutnya dikirim ke Kedubes Amerika Serikat (AS) di Madrid, Kementerian Pertahanan Spanyol, kediaman Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez, pusat satelit di pangkalan udara Torrejon de Ardoz, dan pabrik senjata Instalaza di Zaragoza, yang memproduksi peluncur granat yang ditujukan untuk Ukraina.

Sementara Menteri Pertahanan Ukraina Aleksey Reznikov menyalahkan Rusia atas serentetan bom surat, Moskow membantah tuduhan tersebut dan penyelidik Spanyol dilaporkan mengesampingkan keterlibatan Rusia.

Pihak berwenang Spanyol percaya semua surat itu dikirim oleh satu orang, dan bahan peledak di dalamnya adalah jenis yang biasa ditemukan di kembang api taman.

Selain kampanye surat bom Spanyol, juru bicara Kementerian Luar Negeri Ukraina Oleg Nikolenko mengatakan pada Jumat bahwa paket berdarah yang berisi mata binatang telah tiba di Kedubes Ukraina di Hongaria, Polandia, Kroasia, Italia dan Austria, serta Praha dan Brno, selama pekan lalu.

Nikolenko menulis di Facebook bahwa paket-paket ini "diresapi dengan cairan dengan warna khas dan memiliki bau yang sesuai."

Semua surat ini berasal dari satu negara Eropa, lanjutnya, tanpa mengungkapkan negara yang dimaksud.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1983 seconds (0.1#10.140)