Aksi Protes Meluas, China Akan Ambil Tindakan Keras

Rabu, 30 November 2022 - 02:31 WIB
loading...
Aksi Protes Meluas, China Akan Ambil Tindakan Keras
China berencana akan mengambil tindakan keras atas aksi protes pembatasan Covid-19 yang telah meluas. Foto/BBC
A A A
BEIJING - Badan keamanan utama China menyerukan tindakan keras terhadap "pasukan musuh" setelah protes yang jarang terjadi terhadap aturan Covid di kota-kota China pada akhir pekan.

Dilansir dari BBB, Rabu (30/11/2022), petugas polisi telah membanjiri lokasi protes yang sekarang kosong, dengan beberapa pengunjuk rasa mengatakan polisi telah menghubungi mereka untuk mencari informasi tentang keberadaan mereka.

Sementara itu pejabat kesehatan negara itu mengatakan penguncian harus diberlakukan dan dilonggarkan dengan cepat.

China telah mencatat rekor jumlah kasus baru dalam beberapa hari terakhir.

China adalah satu-satunya ekonomi besar dengan kebijakan nol-Covid, dengan otoritas lokal bahkan menekan wabah kecil dengan pengujian massal, karantina, dan penguncian cepat.

Baca: Kertas Putih Kosong Simbol Demo terhadap Xi Jinping di China, Ini Maksudnya

Selama akhir pekan, ribuan orang di China turun ke jalan menuntut diakhirinya tindakan tegas - dengan beberapa bahkan membuat seruan langka agar Presiden Xi Jinping mundur.

Tetapi kehadiran polisi yang banyak di kota-kota besar China, termasuk Beijing dan Shanghai, tampaknya telah meredam protes lebih lanjut pada hari Senin dan Selasa.

Komisi Urusan Politik dan Hukum Pusat Partai Komunis yang berkuasa, yang mengawasi penegakan hukum domestik di seluruh China, mengatakan bahwa perlu untuk menindak kegiatan infiltrasi dan sabotase oleh pasukan musuh sesuai dengan hukum.

Pernyataan tersebut, yang dilaporkan oleh kantor berita China Xinhua, tidak menyebutkan demonstrasi baru-baru ini, yang dimulai setelah kebakaran di blok bertingkat tinggi di Urumqi, China barat, yang menewaskan 10 orang pada Kamis.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3073 seconds (10.55#12.26)