UEA Luncurkan Penjelajah ke Bulan Besok Rabu, Pertama di Dunia Arab

Selasa, 29 November 2022 - 20:09 WIB
loading...
UEA Luncurkan Penjelajah ke Bulan Besok Rabu, Pertama di Dunia Arab
Ispace inc yang berbasis di Jepang mengumumkan telah menyelesaikan integrasi pendarat bulan HAKUTO-R Mission 1 ke dalam roket SpaceX Falcon 9. Foto/ispace
A A A
ABU DHABI - Uni Emirat Arab (UEA) telah menyelesaikan persiapan terakhir untuk meluncurkan (rover) penjelajahnya ke bulan dalam misi bulan pertama oleh dunia Arab.

Perkembangan itu diumumkan pada Selasa (28/11/2022). Penjelajah Rashid akan lepas landas dari Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral di Florida, Amerika Serikat (AS), pada Rabu, 30 November 2022, dan memulai perjalanan lima bulan ke bulan.



Dalam pernyataan, ispace inc yang berbasis di Jepang mengumumkan telah menyelesaikan integrasi pendarat bulan HAKUTO-R Mission 1 ke dalam roket SpaceX Falcon 9.

“Kami senang telah menyelesaikan tahap pertama Misi 1 dengan persiapan akhir sebelum peluncuran selesai,” ujar Takeshi Hakamada, Pendiri dan CEO ispace.

Baca juga: Militer China Usir Kapal Perang AS di Dekat Kepulauan Spratly

“Untuk melakukannya, kami menggunakan model desain dan pengembangan yang menyeimbangkan keandalan dan biaya rendah dengan menggunakan teknologi dan komponen yang telah terbukti dari seluruh dunia,” papar dia.

Mohammed bin Rashid Space Center (MBRSC) mengundang pemirsa dari seluruh dunia untuk menyaksikan peluncuran langsung pada pukul 12:39 waktu UEA (GMT+4).

“Rover akan mendarat di permukaan bulan yang belum dijelajahi di Kawah Atlas, di tepi luar tenggara Mare Frigoris (Lautan Dingin) pada April 2023,” papar pusat itu.

Baca juga: Mantan Presiden Rusia: Aliansi AS-UE Menuju Perceraian yang Buruk
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3750 seconds (10.177#12.26)