Perang Rusia-Ukraina Berkecamuk, NATO Perluas Kehadirannya di Seluruh Eropa Timur

Selasa, 29 November 2022 - 14:01 WIB
loading...
Perang Rusia-Ukraina Berkecamuk, NATO Perluas Kehadirannya di Seluruh Eropa Timur
Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg umumkan perluasan kehadiran aliansi di seluruh Eropa Timur di saat perang Rusia-Ukraina sedang berkecamuk. Foto/REUTERS
A A A
BUCHAREST - Sekretaris Jenderal (Sekjen) NATO Jens Stoltenberg mengatakan aliansi akan memperluas kehadirannya di seluruh Eropa Timur, dari Laut Hitam hingga Baltik.

Dia berharap itu akan mengirim "pesan yang jelas" kepada Moskow saat perang Rusia di Ukraina terus berkecamuk.

Berbicara di Rumania pada hari Senin menjelang KTT NATO dua hari, Stoltenberg mengatakan kepada wartawan bahwa Eropa sedang menghadapi krisis keamanan terbesar dalam satu generasi.

Dia menekankan perlunya memperkuat area kepentingan strategis sebagai pembalasan atas invasi Moskow yang sedang berlangsung.

“Menanggapi agresi Rusia, NATO memperkuat kehadirannya dari Baltik hingga Laut Hitam. Kami telah menyiapkan kelompok pertempuran baru, termasuk yang dipimpin oleh Prancis di sini di Rumania,” katanya.



“Jet tempur dari Kanada juga membantu menjaga keamanan langit Anda dan rudal Patriot AS meningkatkan pertahanan Anda. Ini mengirimkan pesan yang jelas bahwa NATO ada di sini. Kami akan melakukan apa yang diperlukan untuk melindungi dan mempertahankan semua sekutu," lanjut Stoltenberg, seperti dikutip Russia Today, Selasa (29/11/2022).

Ditanya tentang kapan Swedia dan Finlandia dapat diterima sebagai anggota baru NATO, Stoltenberg mengatakan dia yakin 30 anggota blok tersebut pada akhirnya akan menyetujui permohonan dua negara Nordik. Hanya saja, dia enggan menyebutkan kapan itu akan terjadi.

Sampai sekarang, Turkiye dan Hongaria belum memberikan persetujuan atas permohonan Swedia dan Finlandia untuk menjadi anggota baru NATO.

Namun, Stolternberg mencatat bahwa dua negara Nordik itu akan membantu untuk memperkuat sayap timur NATO, terutama Baltik, mengingat kemampuan militer kelas atas mereka yang terlatih dan diperlengkapi dengan baik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1136 seconds (0.1#10.140)