'Senjata Energi' Putin Akan Bunuh Lebih Banyak Orang di Eropa Dibanding Perang Ukraina

Minggu, 27 November 2022 - 11:04 WIB
loading...
Senjata Energi Putin Akan Bunuh Lebih Banyak Orang di Eropa Dibanding Perang Ukraina
Analisis terbaru mengatakan senjata energi Putin akan membunuh lebih banyak orang di Eropa dibanding Perang Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
BRUSSELS - Sebuah analisis terbaru menunjukkan akan lebih banyak orang yang meninggal di Eropa pada musim dingin ini karena "senjata energi" Vladimir Putin daripada yang tewas di medan perang Ukraina.

The Economist memodelkan pengaruh melonjaknya harga listrik terhadap kematian selama musim dingin dan menyimpulkan bahwa biaya energi saat ini kemungkinan besar akan menyebabkan 147.000 kematian tambahan jika musim dingin biasa.

Dalam musim dingin yang sangat keras bisa naik menjadi 185.000, tetapi bahkan jika itu adalah musim dingin yang ringan angkanya masih 79.000.

Sementara diperkirakan kematian di medan perang dalam perang sejauh ini sekitar 60.000, masing-masing hingga 30.000 untuk Rusia dan Ukraina.

Baca: Uni Eropa Siapkan Paket Sanksi Baru untuk Rusia

Model statistik The Economist mencakup semua negara Uni Eropa bersama Inggris, Norwegia, dan Swiss seperti dikutip dari The Telegraph, Minggu (27/11/2022).

Sebelum perang, Rusia memasok antara 40 dan 50 persen gas alam yang diimpor oleh UE.

Akibatnya, harga gas dan listrik perumahan melonjak.

Suhu musim dingin ini diharapkan tidak terlalu ekstrim, dibandingkan dengan beberapa dekade terakhir, dan juga diperkirakan akan menjadi musim flu biasa.

Model tersebut menemukan bahwa, jika cuaca rata-rata, kenaikan harga listrik sebesar 10 persen dikaitkan dengan kenaikan kematian sebesar 0,6 persen.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1539 seconds (10.55#12.26)