6 Fakta tentang Pentagon Amerika Serikat

Selasa, 22 November 2022 - 21:04 WIB
loading...
6 Fakta tentang Pentagon Amerika Serikat
Pentagon, markas besar Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Pentagon merupakan bangunan berbentuk persegi lima yang terletak di kawasan Arlington Virginia, Washington DC, Amerika Serikat (AS).

Bangunan ini difungsikan sebagai markas besar Departemen Pertahanan AS, termasuk tiga dinas militer Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

Pentagon sudah dibangun dari tahun 1941 hingga 1943. Seiring waktu, gedung ini sempat beberapa kali mengalami pemugaran untuk menyempurnakan bangunan.

Dalam bangunan yang memiliki 5 lantai—tidak termasuk mezzanine dan basement—ini memiliki beberapa fasilitas seperti perpustakaan untuk melakukan penelitian militer dan masih banyak lainnya.

Selain itu, masih ada enam fakta lainnya mengenai Pentagon.

1. Gedung Perkantoran Terbesar di Dunia

Pentagon menjadi gedung perkantoran terbesar di dunia dengan luas 12 hektare. Luas tersebut meliputi pelataran tengah 2 hektare serta luas setiap lantai sekitar 344 ribu meter persegi yang dapat diisi hingga 25.000 orang.

Bangunan ini memiliki desain yang terdiri dari lima pentagon konsentris atau "cincin", yang dihubungkan dengan 10 koridor seperti jari-jari. Hal ini memungkinkan seorang dapat berjalan di antara dua titik terjauh di dalam gedung hanya dalam waktu 7 menit saja.

2. Dibangun dalam Waktu Singkat dan Hemat

Bangunan perkantoran terluas di dunia ini dibangun hanya selama kurang dari 2 tahun saja. Pentagon yang dibangun pada tahun 1941 dan selesai dibangun pada 15 Januari 1943, berarti hanya 16 bulan masa pembangunan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1208 seconds (10.101#12.26)