Membelot ke Estonia, Mata-mata Rusia Sebut Perang Ukraina 'Skenario Terburuk'

Sabtu, 19 November 2022 - 10:44 WIB
loading...
Membelot ke Estonia, Mata-mata Rusia Sebut Perang Ukraina Skenario Terburuk
Membelot ke Estonia, mata-mata Rusia menyebut perang Ukraina skenario terburuk. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
TALLIN - Seorang mata-mata Rusia dilaporkan telah membelot ke Estonia dan sekarang mencari suaka di negara NATO setelah menentang perang Rusia yang sedang berlangsung di Ukraina.

Mata-mata, yang diidentifikasi sebagai Artem Zinchenko, berbicara kepada Yahoo News pada awal Oktober untuk sebuah artikel yang diterbitkan Kamis lalu tentang "situasi mengerikan" yang dipicu oleh invasi Moskow ke Ukraina yang dimulai pada akhir Februari lalu.

"Ini adalah skenario terburuk yang bahkan bisa dibayangkan dalam pikiran saya, dan itu bukan hanya karena kerabat saya tinggal di sana, tetapi karena banyaknya korban yang tidak bersalah," kata Zinchenko seperti dilansir dari Newsweek, Sabtu (19/11/2022).

Menurut Yahoo News, pembelotan Zinchenko ke Estonia sebenarnya adalah kembalinya mata-mata Rusia itu ke negara tersebut setelah ia ditangkap pada 2017 dan kemudian dibebaskan dalam pertukaran tahanan dengan Moskow setahun kemudian.



Zinchenko mengatakan bahwa ketika dia tiba di rumah pada tahun 2018, semuanya telah berubah secara dramatis dan menggambarkan rezim Presiden Rusia Vladimir Putin memiliki semua aspek totalitarianisme.

"Anda tahu, sebelum dan selama proses saya, saya melihat bahwa hukum bekerja jauh lebih baik di sini daripada di Rusia," kata Zinchenko kepada Yahoo News.

"Selama situasi saya, orang Estonia mengatakan kepada saya bahwa mereka tidak keluar untuk menghancurkan hidup saya atau bisnis saya. Ini adalah persaingan antara badan intelijen, mereka menjelaskan, dan saya terjebak di tengahnya," ungkapnya.

Kaburnya Zinchenko ke Estonia bisa menjadi aib terbaru bagi Putin karena ia menghadapi banyak kekalahan militer dan tentangan dari warga sipil dan pejabat di negaranya sendiri.

Email yang baru-baru ini bocor dari seorang pelapor di Layanan Keamanan Federal Rusia (FSB) yang dibagikan kepada Newsweek merinci gejolak batin dan konflik di dalam Kremlin serta mengatakan Rusia akan segera "turun ke jurang teror" sementara keletihan perang meningkat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1972 seconds (0.1#10.140)