Profil Pateemoh Sadeeyamu, Gubernur Wanita Muslim Pertama di Thailand

Kamis, 17 November 2022 - 17:44 WIB
loading...
Profil Pateemoh Sadeeyamu, Gubernur Wanita Muslim Pertama di Thailand
Pateemoh Sadeeyamu resmi menjadi gubernur wanita Muslim pertama di Provinsi Pattani, Thailand. Foto/facebook
A A A
BANGKOK - Sejarah baru tercipta di Thailand. Negara mayoritas Budha itu kini memiliki seorang gubernur wanita muslim pertama.

Mantan wakil gubernur provinsi Narathiwat dan Yala Thailand, Pateemoh Sadeeyamu, telah resmi menjadi gubernur wanita Muslim pertama di provinsi Pattani.

Penunjukan itu sudah disetujui kabinet Thailand pada Selasa (15/11/2022).

Penunjukannya disambut baik oleh banyak orang di provinsi Pattani yang bergolak, termasuk “We Peace”, jaringan wanita yang didedikasikan untuk pemulihan perdamaian di Ujung Selatan Thailand.



Asisten Profesor Chiraphan Sema, mantan dosen di Universitas Prince of Songkhla, Kampus Pattani, mengatakan penunjukan Pateemoh merupakan kabar baik bagi masyarakat di Pattani, karena dia cerdas, memiliki pengalaman luas dan pemahaman yang baik tentang masalah di wilayah selatan.

Lahir pada tanggal 19 November 1965, Pateemoh adalah penduduk asli Yala yang memperoleh gelar sarjana dari Fakultas Ilmu Manajemen, Universitas Prince of Songkla.

Dia meraih gelar master dari Sekolah Pascasarjana Pembangunan Sosial dan Strategi Manajemen, National Institute of Development Administrasi.



Dia bergabung dengan pamong praja pada tahun 1993 dan bekerja di beberapa provinsi selatan, termasuk Ranong, Yala dan Pattani.

Dia juga menjabat sebagai direktur kantor administrasi pusat di bawah Pusat Administrasi Provinsi Perbatasan Selatan.

Pateemoh yang kini berumur 57 tahun, memiliki rekam jejak prestasinya telah diketahui banyak orang. Dia telah bertugas di beberapa provinsi selatan, termasuk Ranong, Yala, Narathiwat, Pattani dan Phatthalung, dan di Pusat Administrasi Provinsi Perbatasan Selatan.

Dia adalah wakil gubernur provinsi Phatthalung, Narathiwat dan Yala sebelum dipromosikan menjadi gubernur wanita Muslim pertama di Pattani.

Provinsi di Thailand Selatan itu menyambut gubernur perempuan Muslim pertamanya. Banyak tokoh masyarakat menyambut baik penunjukan Pateemoh sebagai gubernur Pattani.

Thailand Selatan adalah wilayah yang dilanda konflik agama. Akar pemberontakan Thailand Selatan jauh di belakang sejarah.

Lebih dari 6.500 orang tewas dan hampir 12.000 terluka antara tahun 2004 dan 2015 dalam pemberontakan separatis etnis.

Akankah Pateemoh, dengan pengalamannya bekerja di kawasan itu mampu membuat langkah signifikan menuju perdamaian? Kita harus menunggu dan melihat.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1940 seconds (0.1#10.140)