Profil Pateemoh Sadeeyamu, Gubernur Wanita Muslim Pertama di Thailand

Kamis, 17 November 2022 - 17:44 WIB
loading...
Profil Pateemoh Sadeeyamu, Gubernur Wanita Muslim Pertama di Thailand
Pateemoh Sadeeyamu resmi menjadi gubernur wanita Muslim pertama di Provinsi Pattani, Thailand. Foto/facebook
A A A
BANGKOK - Sejarah baru tercipta di Thailand. Negara mayoritas Budha itu kini memiliki seorang gubernur wanita muslim pertama.

Mantan wakil gubernur provinsi Narathiwat dan Yala Thailand, Pateemoh Sadeeyamu, telah resmi menjadi gubernur wanita Muslim pertama di provinsi Pattani.

Penunjukan itu sudah disetujui kabinet Thailand pada Selasa (15/11/2022).

Penunjukannya disambut baik oleh banyak orang di provinsi Pattani yang bergolak, termasuk “We Peace”, jaringan wanita yang didedikasikan untuk pemulihan perdamaian di Ujung Selatan Thailand.

Baca juga: Thailand Tunjuk Gubernur Wanita Muslim Pertama

Asisten Profesor Chiraphan Sema, mantan dosen di Universitas Prince of Songkhla, Kampus Pattani, mengatakan penunjukan Pateemoh merupakan kabar baik bagi masyarakat di Pattani, karena dia cerdas, memiliki pengalaman luas dan pemahaman yang baik tentang masalah di wilayah selatan.

Lahir pada tanggal 19 November 1965, Pateemoh adalah penduduk asli Yala yang memperoleh gelar sarjana dari Fakultas Ilmu Manajemen, Universitas Prince of Songkla.

Dia meraih gelar master dari Sekolah Pascasarjana Pembangunan Sosial dan Strategi Manajemen, National Institute of Development Administrasi.

Baca juga: Biden Terkesan Otot Juru Kamera Rusia di KTT G20 Bali

Dia bergabung dengan pamong praja pada tahun 1993 dan bekerja di beberapa provinsi selatan, termasuk Ranong, Yala dan Pattani.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2631 seconds (11.252#12.26)